Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tesla PHK 10% Tenaga Kerjanya Secara Global

CEO Tesla, Elon Musk menyebut akan melakukan PHk terhadap 10% pekerja secara global. (dok. Getty Images via CNBC)CEO Tesla, Elon Musk menyebut akan melakukan PHk terhadap 10% pekerja secara global. (dok. Getty Images via CNBC)

Topcareer.id – Menurut memo yang dikirim CEO Tesla, Elon Musk, kepada karyawan pada Senin (15/4/2024), perusahaan otomotif itu akan melakukan pemangkasan atau PHK terhadap 10% tenaga kerjanya secara global.

“Saat kami mempersiapkan perusahaan untuk fase pertumbuhan berikutnya, sangat penting untuk mempertimbangkan setiap aspek perusahaan untuk pengurangan biaya dan peningkatan produktivitas,” kata Musk dalam memo, dikutip CNBC.

“Sebagai bagian dari upaya ini, kami telah melakukan peninjauan menyeluruh terhadap organisasi tersebut dan membuat keputusan sulit untuk mengurangi jumlah karyawan kami lebih dari 10% secara global,” lanjut memo itu.

Memo itu pertama kali dilaporkan oleh Electrek. Sementara itu, Tesla memiliki 140.473 karyawan pada Desember 2023.

Saham Tesla terpuruk dalam beberapa bulan terakhir, anjlok 31% year to date. Meskipun penjualan kendaraan listrik masih mendapatkan popularitas di seluruh dunia, tingkat pertumbuhan penjualannya melambat terutama untuk Tesla. Perusahaan kini menghadapi lebih banyak persaingan dibandingkan sebelumnya.

Untuk mengakhiri tahun 2023, BYD Tiongkok untuk sementara mencopot Tesla sebagai pembuat kendaraan listrik terbesar di dunia.

Baca juga: Sony PlayStation PHK 900 Pekerjanya, Bahkan Tutup Studio Di London

Perusahaan ponsel pintar Tiongkok Xiaomi pada bulan Maret mengatakan akan menjual mobil listrik pertamanya dengan harga yang jauh lebih murah daripada Model 3 Tesla.

Awal bulan ini, Tesla melaporkan penurunan tahunan pertama dalam pengiriman kendaraan sejak tahun 2020, ketika pandemi Covid-19 mengganggu produksi yang tidak sesuai dengan permintaan.

Pengiriman pada kuartal pertama turun sebesar 8,5% menjadi 386,810 pada kuartal pertama, dengan output turun 1,7 % dari tahun sebelumnya dan 12,5% secara berurutan meskipun ada diskon dan insentif yang ditawarkan kepada pelanggan sepanjang kuartal tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang meninggalkan Tesla atas kerja keras mereka selama bertahun-tahun. Saya sangat berterima kasih atas banyak kontribusi Anda terhadap misi kami dan kami mendoakan yang terbaik untuk peluang masa depan Anda. Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal.”

Leave a Reply