Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sering Kalap, Begini Cara Efektif Diet Pasca Lebaran

Ilustrasi lebaran bikin kalap, ada cara diet efektif pasca lebaran.Ilustrasi lebaran bikin kalap, ada cara diet efektif pasca lebaran. (Pexels)

Topcareer.id – Setelah selesai satu bulan menjalani puasa Ramadan, kadang lebaran malah jadi ajang balas dendam hingga longgar kontrol makan. Bahkan, lantaran makanan yang tersaji bermcam-macam, makan bisa sampai berkali-kali dalam satu hari. Namun, ada cara efektif diet pasca lebaran.

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Firman, pola makan yang semula teratur pada saat Ramadan, jadi hancur dan tidak disiplin saat Lebaran.

“Akibatnya ketika pola makan tidak teratur, dan porsi makan terus bertambah, maka bisa menyebabkan obesitas,” kata Firman dalam rilis berita dikutip laman resmi UM Surabaya, Rabu (17/4/2024).

Lebih lanjut Firman menyampaikan, obesitas atau kelebihan berat badan terjadi akibat penimbunan lemak yang berlebihan dalam tubuh, seiring dengan asupan makanan yang dikonsumsi lebih besar dari energi tubuh yang digunakan untuk beraktivitas.

Ia menjabarkan, menurut data Global Report, 2023, obesitas merupakan masalah serius yang mengancam kesehatan global, 2 milyar masyarakat penduduk di dunia.

Prevalensi obesitas global lebih tinggi pada perempuan dibanding laki-laki, diperkirakan pada tahun 2030 sekitar 1 dari 5 wanita dan 1 dari 7 pria akan hidup dengan obesitas di seluruh dunia.

“Banyak penelitian mengatakan obesitas menjadi faktor risiko terjadinya penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, serangan jantung, gagal ginjal, kanker, hipertensi dan penyakit lainnya serta berkontribusi pada penyebab kematian sebesar 5,87% dari total kematian di dunia,” imbuh Firman lagi.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama Bulan Puasa

Firman pun berbagi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas lewat diet pasca lebaran, yaitu:

1. Memenuhi asupan protein harian

Hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh 80 hingga 100 kalori per hari. Mencukupi asupan protein dalam tubuh dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga efektif mencegah nyemil sepanjang hari.

2. Lakukan aktivitas fisik

Firman mencontohkan seperti, lari-lari kecil, maupun senam untuk meregangkan otot, dan aktivitas fisik lainnya sesuai kemampuan setiap orang. Lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, atau minimal 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

“Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur dapat membakar lemak dan kalori, sehingga dapat mencegah penimbunan lemak secara berlebih,” ujarnya.

3. Hindari konsumsi makanan/minuman tinggi gula

Misalnya, soda, jus dan minuman kemasan jenis lainnya, karena dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti kencing manis atau diabet dan gagal ginjal. Selain itu kita juga perlu menghindari minuman beralkohol.

4. Diet rendah karbohidrat

“Terakhir diet rendah karbohidrat, cara satu ini sangat efektif untuk mencegah kenaikan berat badan, dan bahkan tips ini bisa digunakan untuk diet menurunkan berat badan. Betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat, agar terhindar dari penyakit akibat diet yang buruk,”pungkasnya.

Leave a Reply