Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 3, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemkominfo Siapkan Berbagai Program Pelatihan AI untuk Perempuan

Ilustrasi Kementerian Kominfo siapkan berbagai pelatihan terkait AI bagi kaum perempuan - artificial intelligence (AI).Ilustrasi Kementerian Kominfo siapkan berbagai pelatihan terkait AI bagi kaum perempuan - artificial intelligence (AI).(Pexels)

Topcareer.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan berbagai program pengembangan sumber daya manusia bidang digital yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh kaum perempuan, salah satunya dengan adanya pelatihan-pelatihan digital juga mengenai AI.

Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi menyampaikan program pertama, yakni Digital Talent Scholarship atau DTS.

“Digital Talent Scholarship atau DTS yang menawarkan pelatihan Artificial Intelligence (AI) dan Big Data Analitycs. Yang kedua Digital Leadership Academy atau DLA sebagai sarana belajar pemimpin perempuan dalam hal merumuskan kebijakan digital,” kata Menkominfo melalui siaran pers, dikutip J8umat (3/5/2024).

Selain itu, Kementerian Kominfo juga memiliki Program Beasiswa S2 bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Karena itu, saya mendorong untuk para perempuan mengikuti berbagai program tersebut demi mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” ujar dia.

Baca juga: British Council Beri Kesempatan Perempuan Raih Beasiswa STEM

Menkominfo Budi menyatakan bahwa kaum perempuan dapat menjadi penggerak kemajuan digitalisasi khususnya terkait pengembangan AI.

“Kaum perempuan tidak tertinggal dalam peran dan kemajuan digital yang terus bergerak di masa depan,” kata dia dalam Talkshow dan Workshop Enhancing Women’s Digital Talent: Mastering Generative AI secara virtual, Kamis (2/5/2024).

Menteri Budi Arie berharap perempuan Indonesia terus menanamkan optimisme, memiliki semangat, keingintahuan dan mengikuti perkembangan di era digital khususnya dapat membantu dan melindungi keluarga serta anak-anak.

Menkominfo menyontohkan banyak kaum perempuan yang telah menginspirasi seperti Dr Feo-Fei Li, seorang profesor Ilmu Komputer Universitas Stanford yang juga pernah menjadi Direktur Stanford Artificial Intelligence Laboratorium Tahun 2013-2018.

“Ia juga mendirikan sebuah organisasi nirlaba AI4All yang berfokus pada peningkatan inklusifitas di bidang AI. Tidak heran beliau dinobatkan oleh Majalah Times sebagai bagian dari 100 orang terpengaruh di bidang AI tahun 2023,” jelasnya.

Leave a Reply