Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Talenta Terbaik Lihat Performa dan Budaya untuk Bertahan di Perusahaan

Perusahaan saat ini perlu strategi untuk mepertahankan atau merekrut talenta terbaik.Work. Dok/legacycultures.com

Topcareer.id – Saat ini perusahaan perlu menyusun strategi untuk dapat menarik talenta-talenta terbaik bergabung dengan organisasi mereka. Salah satu cara untuk mempertahankan dan memperoleh talenta terbaik, yakni bisa dimulai dengan melihat kesesuaian antara budaya dan keragaman.

Chief People Officer B Capital, Sandi Sadek menyampaikan bahwa kedua komponen ini semakin penting untuk menarik talenta terbaik di Asia Tenggara yang memiliki jumlah terbatas, meskipun secara perlahan berkembang.

Sandi menjelaskan, diperlukan culture dan employer brand yang kuat. Perlu adanya keselarasan antara nilai-nilai yang dianut karyawan secara pribadi dengan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Hal ini penting untuk menciptakan tempat kerja yang lebih nyaman.

Namun, lebih dari itu, Sandi juga menjelaskan bahwa sebelum sebuah perusahaan dapat memiliki employer brand yang kuat, perusahaan itu sendiri harus memiliki performa yang baik.

“Saya pikir, tidak peduli pada jenis perusahaan apa Anda bekerja, pada akhirnya kinerja yang utama. Orang ingin bekerja untuk perusahaan yang berkinerja tinggi. Mereka ingin bekerja dengan orang- orang hebat. Mereka ingin melakukan hal-hal hebat,” kata Sandi melalui siaran pers yang diterima Topcareer.id.

Baca juga: Tak Andalkan Kantor, 79% Pekerja Gunakan Alat AI Sendiri Ke Tempat Kerja

“Kami juga benar-benar melihat pentingnya budaya, terutama di Asia Tenggara. Inilah sebabnya kami berusaha memastikan bahwa nilai-nilai dan tujuan individu sejalan dengan tujuan, nilai-nilai, visi, dan misi organisasi,” ujarnya.

Sergio menyuarakan sentimen ini dengan mengatakan bahwa Carsome telah melalui berbagai fase untuk menarik talenta-talenta terbaik. Ia setuju jika organisasi yang berkinerja tinggi mampu menarik talenta-talenta terbaik.

“Namun, saya percaya bahwa motivasi orang-orang yang berbeda juga bisa sangat berbeda. Pada tingkat yang paling dasar,” ucap Sergio.

Hal itu, lanjut dia, dapat diterjemahkan secara sederhana menjadi pertanyaan-pertanyaan seperti: Apakah saya bekerja dengan teman? Apakah saya bekerja dengan orang-orang yang saya senangi? Apakah kita semua mengikuti pemimpin-pemimpin yang inspiratif?

Selain itu, menurut Sergio, terdapat perbedaan signifikan untuk mencoba menarik talenta senior yang sangat berpengalaman ke sebuah perusahaan, dibandingkan menarik anggota tim junior atau di tingkat pemula. Strategi untuk kedua ujung spektrum tersebut pun akan sangat berbeda.

Leave a Reply