Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Bikin CV Menarik Perhatian HR Versi HireHub

Ilustrasi mencari kerja-CV menarik-resume - ilustrasi era AI mengubah lanskap kerja termasuk kualifikasi kerja. (Dimas/Topcareer.id)Ilustrasi mencari kerja-CV menarik-resume - ilustrasi era AI mengubah lanskap kerja termasuk kualifikasi kerja. (Dimas/Topcareer.id)

Topcareer.id – CV merupakan gerbang awal yang menentukan apakah kandidat melaju ke tahap selanjutnya atau malah gagal dilirik HRD. Jadi, penting membuat CV yang menarik atau setidaknya bisa dilirik oleh HRD.

“CV merupakan tahap awal bagi seorang Human Resource (HR) untuk mengidentifikasi apakah kandidat memiliki kualifikasi yang cukup untuk maju ke tahap berikutnya. Penting bagi para pencari kerja mengoptimalkan informasi penting pada CV dengan tepat,” Andelle Gianzra Basae, Chief Financial Officer HireHub melalui siaran pers, Rabu (16/5/2024).

Berikut tips dari HireHub untuk memastikan CV yang kita miliki memukau dan menarik bagi HR:

1. Tunjukkan keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknis seperti pemrograman atau desain, serta keterampilan lunak seperti kepemimpinan atau komunikasi.

2. Gunakan desain yang profesional, utamakan desain CV yang profesional dan bersih dengan font yang mudah dibaca dan layout sederhana. Hindari desain berlebihan yang dapat mengalihkan perhatian dari konten informasi utama.

3. Fokus pada hasil konkret yang dicapai di tempat kerja sebelumnya, seperti meningkatkan penjualan atau mengimplementasikan proyek-proyek sukses. Bagi fresh graduate, dapat membagikan pengalaman berorganisasi di kampus atau komunitas lain.

4. Lakukan riset tentang budaya perusahaan yang dituju dan sesuaikan CV dengan gaya dan bahasa yang digunakan oleh perusahaan.

Baca juga: Aturan Milih Warna Yang Tepat Untuk Resume Atau CV-Mu

Untuk diketahui, Hire Hub merupakan salah satu hasil dari proyek akhir kelompok mahasiswa Bangkit 2023. Sebagai platform pencarian tenaga kerja, HireHub menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pencari kerja maupun perusahaan.

Bagi pencari kerja, HireHub menyediakan fitur dengan dukungan machine learning untuk pengisian detail profil berdasarkan CV yang diunggah. Sistem CV Parser akan membantu pelamar mengisikan profil di aplikasi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) secara otomatis.

Bagi perusahaan, HireHub menyediakan sistem rekomendasi kandidat berdasarkan filter memudahkan rekruter menemukan kandidat yang memenuhi kualifikasi perusahaan. Rekruter dapat menyeleksi dan memberikan peringkat berdasarkan kategori usia, penguasaan bahasa, kemampuan, dan ekspektasi gaji, dari yang paling relevan hingga paling tidak relevan.

“Kami mengembangkan HireHub untuk memastikan perusahaan dan pelamar dapat berinteraksi selama proses rekrutmen dengan fitur chat dan logika rekrutmen yang telah disiapkan pada aplikasi. Dengan kemudahan ini, kami berharap HireHub dapat menjadi platform andalan di Indonesia dalam mencari kerja dan tenaga kerja sesuai kebutuhan,” tutup Andelle.

Leave a Reply