Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Fresh Graduate, Ini Skill Paling Dicari 2024

Ilustrasi LinkedIn

TopCareer.id – Platform jejaring sosial profesional, LinkedIn, baru-baru ini mengungkapkan pekerjaan dan kemampuan (skill) yang paling berkembang bagi para lulusan baru atau fresh graduate di Indonesia.

Data LinkedIn mencatat, analitik, desain, dan teknik adalah skill yang paling banyak dimiliki di kalangan tingkat pemula dan fresh graduate saat ini.

Berdasarkan laporan Career Starter 2024, LinkedIn menemukan layanan konsumen adalah industri yang paling cepat berkembang bagi para profesional muda dengan gelar sarjana. Industri lain yang banyak mempekerjakan lulusan baru mencakup minyak, gas, dan pertambangan; konstruksi; pendidikan; dan layanan administrasi Sementara, calon pekerja dengan gelar Master memiliki banyak peluang di industri minyak, gas, dan pertambangan, serta jasa keuangan.

Data LinkedIn juga mengungkap berbagai pekerjaan teratas untuk profesional dengan kualifikasi pendidikan yang berbeda. Pemegang gelar sarjana dapat mengeksplorasi berbagai profesi seperti Spesialis Pemasaran, Spesialis Administrasi, dan Desainer Grafis.

Baca Juga: Skill Nomor 1 Yang Makin Diminati Berbagai Industri, Menurut LinkedIn

Mengutip siaran pers, Jumat (7/6/2024), semakin banyak pemegang gelar Master yang bekerja sebagai Dosen dan Spesialis Administrasi. Calon pekerja yang tidak memiliki gelar juga dapat menemukan karir yang memuaskan dengan menjalani profesi seperti Spesialis Administrasi, Spesialis Penjaminan Kualitas, dan Desainer Grafis.

Terlepas dari latar belakang pendidikan, berbagai fungsi pekerjaan juga dilaporkan mengalami pertumbuhan pesat. Menurut LinkedIn, tersedia banyak peluang bagi pemegang gelar sarjana di bidang seperti Spesialis Data, Spesialis Program, dan Data Entry.

Serla Rusli, LinkedIn Career Expert, mengatakan bahwa memasuki pasar kerja yang ketat memang cukup sulit, terutama di awal perjalanan karier.

“Dengan mengetahui tren industri dan pekerjaan yang diminati serta menjelajahi peran yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya, pilihan pekerjaan pun akan semakin luas,” kata Serla.

Serla menambahkan, banyak skill saat ini dapat dipindahkan lintas industri. Peningkatan penggunaan AI pun menciptakan lebih banyak peran terkait teknologi di berbagai bidang, mendorong perusahaan untuk mencari profesional dengan latar belakang pendidikan yang beragam.

“Tren perekrutan ini mencerminkan pola ekonomi yang lebih luas seperti yang ada di sektor energi. Untuk memperluas wawasan, para pencari kerja harus terus memperkuat skill dan menjalin jaringan dengan para profesional,” pungkasnya.

Leave a Reply