Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Saturday, September 28, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Hasil SNBT 2024 Ungkap Pendidikan Tinggi Vokasi Makin Diminati

Ilustrasi studi Federal Reserve New York, gelar teknik jadi jurusan kuliah dengan pendapatan tertinggi.Ilustrasi perguruan tinggi S2 (Pexels)

TopCareer.id – Melalui hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT 2024 yang diumumkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, terlihat meningkatnya minat masyarakat atau calon mahasiswa baru terhadap program studi pendidikan vokasi.

Ganefri, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 mengatakan, peningkatan minat masyarakat atau calon mahasiswa baru pada pendidikan vokasi setidaknya dapat dilihat dari beberapa indikator.

Dia mengungkapkan, indikator ini salah satunya adalah keketatan pada Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2024 yang didominasi oleh prodi vokasi.

“Keketatan itu sejalan dengan banyaknya peserta yang memilih program studi vokasi,” kata Ganefri dalam keterangan tertulisnya, seperti dilansir infopublik.id.

“Itu artinya peminatan masyarakat terhadap pendidikan vokasi meningkat,” kata Ganefri dikutip Selasa (18/6/2024).

Baca Juga: Pelatihan Vokasi Dinilai Cepat Dan Tepat Untuk Penuhi Tenaga Kerja Terampil

Berdasarkan hasil SNBT 2024, 20 program studi terketat pada UTBK SNBT 2024 berasal dari program studi vokasi baik prodi D-3 dan D-4 dengan prodi terketat adalah Prodi D-3 Farmasi Universitas Sebelas Maret yakni 0,50 persen.

Ganefri menjelaskan, dari 20 prodi terketat, semuanya adalah prodi vokasi dan tidak ada prodi akademik. Menurutnya, setidaknya dengan adanya Dirjen Pendidikan Vokasi, minat masyarakat kepada vokasi ini sudah tinggi.

Ganefri melanjutkan, peningkatan minat masyarakat terhadap pendidikan vokasi juga dapat dilihat dari distribusi pendaftar pada SNBT 2024.

Meskipun masih didominasi oleh prodi vokasi yang diselenggarakan di perguruan tinggi akademik, pihaknya melihat adanya peningkatan signifikan dari lulusan SMA yang menentukan pilihan ke pendidikan vokasi bukan ke Prodi S-1 akademik.

Bahkan, lulusan SMA yang mendaftar ke prodi di perguruan tinggi vokasi jumlahnya mencapai lebih dari dua kali lipat dari pendaftar SMK yang diharapkan melanjutkan di PTN Vokasi.

Menurut Ganefri, hal ini adalah kabar baik bagi pendidikan vokasi walau memang mereka masih melihat rumahnya, yang dalam hal ini adalah perguruan tinggi penyelenggara program pendidikan vokasi.

Leave a Reply