Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, November 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Info Lowongan Kerja

Ombudsman Buka Lowongan Kerja Calon Asisten

Ombudsman buka lowongan calon asisten 2024 (Dok. Ombudsman)

TopCareer.id – Ombudsman Republik Indonesia (RI) membuka lowongan kerja calon asisten. Pendaftaran dibuka mulai 1 Juli sampai 14 Juli 2024.

Ombudsman adalah lembaga negara yang punya kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Hukum Milik Negara (BHMN) serta badan swasta/ perseorangan yang diberi tugas untuk menyelenggarakan pelayanan publik.

Mengutip informasi di laman resmi Ombudsman, Rabu (3/7/2024), terdapat total 128 formasi dengan 27 penempatan di kantor pusat dan 101 lainnya untuk perwakilan wilayah. Sementara, untuk proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui situs https://calasori.ombudsman.go.id/

Syarat Calon Asisten Ombudsman 2024

  • Warga Negara Indonesia;
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Bebas dari segala bentuk narkotika dan obat-obatan terlarang;
  • Cakap, jujur, memiliki integritas moral, memiliki kapabilitas dan memiliki reputasi yang baik;
  • Berusia paling rendah 21 (dua puluh satu) tahun dan paling tinggi 34 (tiga puluh empat) tahun per 1 Desember 2024;
  • Pendidikan S-1/D-IV atau S-2 dengan IPK minimal 2,75 dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi B/Baik Sekali dengan program studi minimal terakreditasi B/Baik;
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program Microsoft Office;
  • Tidak pernah dijatuhi pidana berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih
  • Bersedia tidak merangkap sebagai Aparatur Sipil Negara, anggota partai politik, advokat, serta profesi lainnya;
  • Bersedia tidak mengundurkan diri selama 10 (sepuluh) tahun dan sanggup ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia jika diterima sebagai Calon Asisten;
  • Bersedia tidak pindah antar unit kerja baik pusat maupun perwakilan selama lima tahun terhitung mulai diangkat menjadi Calon Asisten;
  • Memiliki pengalaman di bidang pelayanan publik atau hukum atau pemerintahan atau organisasi minimal selama 1 (satu) tahun

Baca Juga: 3 Tips Efektif Mencari Kerja Di LinkedIn

Dokumen Pendaftaran Calon Asisten Ombudsman

  • Surat Lamaran
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Pasfoto terbaru ukuran (4×6) berwarna latar belakang biru
  • Kartu Tanda Penduduk atau Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Ijazah S1/D4 atau S2. Pelamar Perguruan Tinggi Luar Negeri melampirkan penyetaraan ijazah
  • Transkrip nilai pendidikan S1/D4 atau S2. Bagi Pelamar Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan konversi nilai IPK
  • Surat keterangan akreditasi perguruan tinggi atau tangkapan layar hasil akreditasi perguruan tinggi dari Badan Akreditasi
    Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang memuat status akreditasi dari portal banpt.or.id
  • Surat keterangan akreditasi program studi atau tangkapan layar hasil akreditasi program studi dari Badan Akreditasi
    Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari banpt.or.id
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Daerah
  • Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Daerah
  • Surat Keterangan Bebas Narkotik dan Zat Adiktif lainnya dari Rumah Sakit Pemerintah/Daerah atau Badan Narkotika (Nasional/ Provinsi/ Kabupaten/ Kota)
  • Bagi Pelamar penyandang Disabilitas melampirkan syarat tambahan berupa Surat Keterangan Dokter yang berlaku dari Rumah Sakit Pemerintah/Daerah yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya
  • Sertifikat/Surat Keputusan/Piagam/ Surat Keterangan terkait pengalaman di bidang pelayanan publik atau hukum atau pemerintahan atau organisasi minimal selama 1 (satu) Tahun
  • Surat Pernyataan Tidak Mengundurkan Diri di atas kertas bermaterai Rp 10.000
  • Surat Pernyataan Tidak Pindah Antar Unit Kerja selama 5 Tahun di atas kertas yang bermaterai 10.000
  • Surat Pernyataan di atas kertas bermaterai cukup (Rp 10.000) bahwa tidak pernah dijatuhi pidana
  • Surat Pernyataan di atas kertas bermaterai cukup (Rp 10.000), bahwa bersedia untuk tidak merangkap sebagai Aparatur Sipil Negara, Anggota Partai Politik, Advokat, serta profesi lainnya (antara lain: Dokter, Akuntan, Notaris, Pejabat Pembuat Akte Tanah)
  • Surat Pernyataan di atas kertas bermaterai cukup (Rp10.000) bahwa seluruh informasi dan dokumen yang disampaikan merupakan dokumen asli yang sah dan dapat dibuktikan keasliannya

Untuk informasi lebih lanjut termasuk mengenai format surat-surat yang dibutuhkan dalam pendaftaran lowongan ini dapat dilihat di https://ombudsman.go.id/pengumuman/r/anno–pengumuman-seleksi-calon-asisten-ombudsman-ri-tahun-2024

Jadwal Seleksi Calon Asisten Ombudsman RI 2024

  • Pendaftaran: 1-14 Juli 2024
  • Seleksi Administrasi: 2-18 Juli 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 23 Juli 2024
  • Masa Sanggah Seleksi Administrasi: 24-25 Juli 2024
  • Jawaban Sanggah: 25-27 Juli 2024
  • Pengumuman Masa Sanggah: 30 Juli 2024
  • Ujian Tertulis: 15 Agustus 2024
  • Pengumuman Hasil Ujian Tertulis: 20 Agustus 2024
  • Psikotes: 27-28 Agustus 2024
  • Pengumuman Hasil Psikotes: 24 September 2024
  • Tes Kesehatan: 1 Oktober 2024
  • Pengumuman Hasil Tes Kesehatan: 15 Oktober 2024
  • Ujian Wawancara: 21-25 Oktober 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Calon Asisten: 5 November 2024

Informasi atau perubahan jadwal akan diumumkan melalui www.ombudsman.go.id.

Itulah syarat, dokumen yang dibutuhkan, hingga jadwal seleksi Calon Asisten Ombudsman 2024. Selamat mencoba.

Leave a Reply