Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 22, 2024
redaksi@topcareer.id
Sosok

Mau Tampil di Pestapora 2024, Ini Jejak Musik SBY

SBY menyanyikan lagu Tipe-X berjudul "Kamu Ngga Sendirian." (YouTube 3 pemuda berbahaya)

TopCareer.idPresiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bikin heboh warganet usai dikonfirmasi bakal manggung di festival musik Pestapora 2024 bulan September mendatang.

Nama SBY sendiri tertera sebagai salah satu pengisi acara Pestapora 2024 di akun Instagram resminya @pestapora.

Selain sebagai tentara dan Presiden, SBY memang dikenal sebagai seorang seniman. Ia menekuni beberapa bidang kesenian termasuk melukis dan bermusik.

Dikutip dari berbagai sumber, di masa mudanya, SBY pernah menjadi anggota grup musik Gaya Teruna.

Bahkan saat masih menjabat sebagai Presiden RI, SBY juga merilis lima album yaitu Rinduku Padamu (2007), Evolusi (2009), Ku Yakin Sampai Di Sana (2010), Harmoni (2011), dan Kompilasi (2014).

Di album-album ini, SBY juga mengajak para musisi untuk terlibat menyanyikan lagu-lagunya. Seperti di Rinduku Padamu, SBY menggaet penyanyi Ebiet G Ade. Lalu di Evolusi, ia mengajak Yockie Suryo Prayogo untuk album instrumental tersebut.

SBY juga pernah memberikan lagunya yang berjudul Kawan untuk dilantukan oleh grup band Kerispatih. Di 2011, ayah Agus Harimurti ini juga menulis lagu Kembali untuk Afgan.

Baca Juga: Izin Penyelenggaraan Konser Musik Hingga Event Olahraga Bakal Dipermudah

Di tahun 2007, saat peluncuran album lagu karyanya di Jakarta pada Minggu, 28 September, SBY juga mengakui bahwa bermusik adalah salah satu hobinya.

“Lagu-lagu ciptaan saya merupakan refleksi ditengah-tengah kepadatan tugas dan mengatasi masalah yang datang silih berganti,” ujarnya kala itu.

“Saat itu saya merasa perlu menata hati dan disitulah saya ingin berkomunikasi, mengekspresikan pikiran-pikiran saya sebagai manusia biasa,” kata SBY.

SBY mengatakan saat itu, satu lagu biasanya butuh waktu satu setengah sampai dua setengah jam untuk dicocokkan, kemudian dia tata lagi di hari berikutnya.

“Dua sampai empat hari terciptalah satu lagi,” kata SBY seperti dikutip dari setneg.go.id.

Pestapora 2024 akan digelar pada 20-22 September 2024 di Gambir Expo dan Hall D2 JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Tiket Presale sudah mulai dijual sejak Rabu (3/7/2024) malam.

Beberapa musisi yang akan tampil di Pestapora 2024 di antaranya Afgan, Barasuara, Danilla, Dewa 19 feat. Ello, Efek Rumah Kaca, JKT48, Judika, Maliq & D’Essentials, Superman Is Dead, Ungu, hingga Voice of Baceprot.

Leave a Reply