TopCareerID

Alasan Kuasai Data Penting Buat Jualan Online

Ilustrasi pelanggan membuka paket belanja online Lazada. (Lazada)

TopCareer.id – Mengelola toko online tak sekadar berjualan. Menurut platform e-commerce Lazada, seller atau penjual juga harus bisa menguasai data.

Menguasai data membantu penjual online membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan membuat penawaran yang dipersonalisasi.

“Dunia e-commerce yang terus berkembang bisa jadi menakutkan bagi penjual, namun penjual dapat berjalan di dunia e-commerce dengan percaya diri dengan fitur dan strategi yang tepat,” kata Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata.

Baca Juga: Pengin Kerja di Lazada? Kenalan Dulu Seperti Apa Budaya Kerjanya

Laporan Lazada menunjukkan, 94 persen pembeli menggunakan fungsi pencarian untuk menemukan dan membeli produk, dengan 71 persen membeli barang melalui fitur Rekomendasi yang dirancang khusus untuk setiap pelanggan berdasarkan pola perilaku.

Di Lazada sendiri, penjual online dapat memanfaatkan metrik yang tersedia di Lazada Business Advisor.

Lazada Business Advisor adalah fitur dalam dasbor khusus penjual, Seller Center, yang memungkinkan penjual memeriksa kinerja toko mereka.

“Kami menyadari bahwa dengan memanfaatkan kekuatan data, penjual dapat membuat keputusan yang tepat, mengoptimalkan kinerja toko online, dan mencapai kesuksesan jangka panjang,” imbuh Stefan, mengutip siaran persnya, Jumat (2/8/2024).

5 Tips Kuasai Data untuk Strategi Bisnis

Lazada pun memberikan lima tips untuk menguasai data, agar bisa dimanfaatkan sebagai strategi bisnis:

  1. Memantau kinerja toko secara keseluruhan dengan cepat, dengan memeriksa data traffic pengunjung dan penjualan secara real-time di dasbor.
  2. Mendalami analisis produk untuk mengidentifikasi produk unggulan dan produk yang berkinerja buruk serta menciptakan ukuran yang lebih baik mengenai produk atau kategori yang perlu diprioritaskan
  3. Memahami sumber utama traffic dan mengidentifikasi saluran paling efisien yang mendorong konversi tertinggi
  4. Analisis kinerja promosi dan manfaatkan peluang yang ditawarkan platform yang paling sesuai untuk mengembangkan bisnis
  5. Mengevaluasi kinerja layanan pelanggan dari tingkat respons obrolan dan waktu
Exit mobile version