Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Saturday, September 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Profesional

Sederet Budaya Kerja Jepang yang Boleh Ditiru

Ilustrasi Jepang (Freepik.com)

TopCareer.id – Budaya kerja di Jepang banyak dikenal karena tingkat stres yang tinggi, hingga sulitnya menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Meski begitu, ada beberapa budaya kerja ala Jepang yang sesungguhnya juga bisa ditiru, mulai dari efisiensinya, dedikasi, serta penekanan terhadap harmoni dan rasa hormat.

Karena itu, berikut ini beberapa budaya kerja yang bisa jadi contoh:

  • Ketepatan dan penghargaan terhadap waktu

Tepat waktu tidak sekadar kebiasaan di Jepang, tapi juga tanda menghargai waktu orang lain. Dilansir Indiatoday, telat untuk sebuah pertemuan bisa dianggap tidak sopan. Selain itu, belajar menghargai dan mengatur waktu juga dapat berkontribusi pada produktivitas dan alur kerja yang lebih baik.

Baca Juga: 10 Tips Tetap Sehat Walau Kerja 8 Jam di Kantor

  • Komitmen pada keunggulan

Konsep “kaizen” menekankan pada peningkatan yang berkelanjutan, di semua aspek pekerjaan. Karena itu, tidak sedikit perusahaan Jepang yang terus mencari cara untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan inovasi. Pola pikir yang terus meningkat tanpa henti, juga dapat mendorong pertumbuhan dan daya saing.

  • Kolaborasi dan kerja sama tim

Dalam budaya kerja di Jepang, kolaborasi sangat penting. Karyawan didorong untuk bekerja sam, berbagi pengetahuan, dan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.

Leave a Reply