Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 22, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Tips Tetap Sehat Walau Kerja 8 Jam di Kantor

Ilustrasi Sebanyak 79% pengguna AI di Asia Pasifik membawa dan menggunakan alat AI generatif mereka sendiri ke tempat kerja.Ilustrasi bekerja di depan komputer (Pexels)

TopCareer.id – Delapan jam kerja di kantor bisa jadi aktivitas yang buruk jika tak disertai gaya hidup sehat.

Kurangnya aktivitas fisik di kantor, terlalu lama menatap layar, hingga mengonsumsi makanan tidak sehat, malah berisiko memicu masalah kesehatan dan bikin kegiatan kerja terganggu.

Karena itu, berikut 10 tips buat kamu agar tetap sehat meski kerja kantoran selama delapan jam.

  • Hindari camilan tidak sehat

Snack atau camilan di kantor mungkin mengandung kalori yang akan membuatmu kelebihan jika tidak berhati-hati. Ini malah bisa memicu bertambahnya berat badan.

Dawn Jackson, pakar diet dari American Dietetic Association pun merekomendasikanmu untuk menahan godaan dari camilan yang ditawarkan di tempat kerja.

“Beristirahatlah, hirup udara segar, dan jangan makan permen. Atau, jika Anda lapar, makanlah buah-buahan di meja Anda, seperti ceri atau anggur,” ujarnya, mengutip Webmd, Senin (8/7/2024).

Selain itu, Jackson juga merekomendasikan kamu agar mengajak rekan-rekan kantormu ikut hidup sehat, misalnya dengan membelikan buah-buahan sebagai pengganti camilan tak sehat.

  • Minum air yang cukup

Minumlah air dalam jumlah yang cukup agar kamu tetap terhidrasi, sekitar delapan sampai 10 gelas per hari. Konsumsi juga makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan.

Di sini, Jackson menyarankanmu untuk membawa botol air minum, lalu habiskan saat makan siang, isi lagi lalu habiskan jam 3 sore, dan jam 5 sore, habiskan lagi minum.

  • Tetap beraktivitas fisik

“Berjalan saat makan siang adalah ide bagus,” kata Jackson. “Anda tidak hanya membakar kalori, tetapi juga menghilangkan stres dan menyegarkan.”

Jika kamu benar-benar tak bisa keluar kantor saat makan siang, carilah tempat parkir yang agak jauh, atau biasakan memakai tangga.

  • Makan dengan porsi wajar

Kontrol porsi makanmu agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kalori dan duduk di kursi sepanjang siang ke sore. “Sering kali, bukan karena Anda mengonsumsi makanan tidak sehat, hanya saja Anda makan terlalu banyak,” kata Jackson.

  • Jangan biarkan leher tegang terlalu lama

Menurut National Institute of Environmental Health Sciences, Tension neck syndrome (TNS) bisa terjadi saat leher dan bahu bagian atas tidak bergerak dalam waktu lama.

Hal ini dapat terjadi pada orang-orang di tempat kerja yang hampir sepanjang hari berbicara di telepon atau banyak mengetik.

Alan Hedge, profesor ergonomi di Cornell University mengimbau pekerja untuk memastikan lehernya tidak tertekuk ke satu sisi dalam jangka waktu yang lama.

“Sindrom leher tegang bisa menyebabkan nyeri leher dan bahu, serta otot tegang. Jadi gunakan speaker ponsel, dudukan bahu, atau gunakan headset di kantor saat Anda menelepon,” ujarnya.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Depresi Terselubung Di Tempat Kerja

  • Mengatasi kelelahan mata

University of California di Davis menyatakan, kelelahan mata bisa menyebabkan sakit kepala, susah fokus, dan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya.

“Jarak ke layar dari mata Anda harus sekitar satu lengan jauhnya. Anda juga harus dapat dengan nyaman membaca apa yang ada di layar Anda pada jarak itu, tanpa harus menyipitkan mata,” kata Hedge.

Jika layar tidak terbaca dalam jarak tersebut, besarkan ukuran tulisan di komputer.

  • Liburan juga penting

Jonathan Kramer, psikolog klinis dan presiden Business Psychology Consulting mengatakan liburan panjang bermanfaat untuk mengisi ulang “baterai” Anda.

“Liburan membantu mengurangi stres dan mengalihkan pikiran dari pekerjaan, terutama jika Anda sedang mengalami konflik, seperti masalah dengan atasan, rekan kerja, atau proyek,” kata Kramer.

  • Hindari pekerjaan yang terlalu lama

Kramer mengatakan, terkadang orang-orang terlalu fokus pada tugas atau menyelesaikan sebuah pekerjaan, sampai tak sadar dampaknya terhadap kesehatan mereka.

“Mereka mungkin tidak menyadarinya sampai stresnya berada pada tingkat yang sangat tinggi, dan hal itu memengaruhi hubungan dan suasana hati mereka,” ujarnya.

Hal ini dapat menyebabkan jenis stres yang biasa disebut burnout, dan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh seseorang, serta menggangu tidur dan kemampuan konsentrasi.

  • Bersihkan alat-alat kerja

Keyboard, mouse, dan ponselmu bisa menampung ribuan kuman yang siap membuatmu sakit. Karena itu, rajin-rajinlah membersihkan peralatan kerja dengan disinfektan.

  • Sadar diri

“Cara terpenting untuk tetap sehat di tempat kerja dimulai dengan kesadaran diri,” kata Kramer.

Ini berarti, kamu harus mengenali batasan dirimu dalam bekerja. Ketahulah kapan harus istirahat dan berlibur. Banyaklah berolahraga yang membantu secara fisik maupun mental, di kantor atau di rumah.

Leave a Reply