Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Arab Saudi Siap Gelar Olimpiade Esports 2025

IOC bermitra dengan NOC Arab Saudi untuk menggelar Olimpiade Esports 2025 (Olympics.com)

TopCareer.id – International Olympic Committee (IOC) mengumumkan bahwa Olimpiade Esports 2025 atau edisi pertama dari gelaran ini, akan dilangsungkan di Arab Saudi.

Untuk ini, IOC sudah bermitra dengan National Olympic Committee (NOC) of Saudi Arabia. Kemitraan ini akan dilakukan selama 12 tahun.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan, Arab Saudi memiliki keahlian yang hebat di bidang esports, sehingga kompetisi ini akan sangat diuntungkan dengan pengalaman negara itu.

“Dengan bermitra dengan NOC Saudi, kami juga memastikan bahwa nilai-nilai Olimpiade dihormati, khususnya, terkait dengan judul-judul permainan dalam program tersebut, promosi kesetaraan gender, dan keterlibatan dengan penonton muda, yang menyukai esports,” kata Bach.

IOC sendiri sudah terlibat dengan esports sejak 2018. Puncaknya adalah dalam Pekan Esports Olimpiade di Singapura tahun 2023. Menyusul keberhasilan acara ini, Presiden IOC meminta Komisi Esports IOC pada Sidang IOC ke-141 di Mumbai, India, pada bulan Oktober 2023, untuk mempelajari pembentukan Olimpiade Esports.

Baca Juga: Google Doodle Tampilkan Game Olimpiade 2024

Abdulaziz bin Turki Al Faisal, Menteri Olahraga dan Presiden Komite Olimpiade dan Paralimpiade Arab Saudi mengatakan, berkat Visi 2030 yang diperkenalkan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman, esports di negara itu “telah memiliki masa lalu yang kaya, masa kini yang menarik, dan masa depan yang menjanjikan.”

Selain itu, menurut Faisal, alasan mereka berinvestasi di seluruh cabang olahraga, termasuk esports, adalah karena kaum mudanya.

“Komitmen kami terhadap esports hanyalah cerminan dari dunia tempat kaum muda kami tinggal, dan sekarang kita semua memiliki kesempatan untuk menulis sejarah Olimpiade baru bersama-sama. Kesempatan untuk menginspirasi mimpi-mimpi baru dan ambisi-ambisi baru bagi jutaan atlet di seluruh dunia,” ujarnya.

Belakangan, Arab Saudi memang gencar untuk menjadi tuan rumah dari berbagai kompetisi esports tingkat dunia. Mereka saat ini tengah menggelar Piala Dunia Esports 2024 di Riyadh, dan akan menjadi tuan rumah IESF World Esports Championship 2024.

Leave a Reply