Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Menkes Soal Dokter PPDS Bunuh Diri: Banyak Cara Bikin Tangguh Tanpa ‘Bully’

Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (3/7/2024). (YouTube Komisi IX DPR RI)

TopCareer.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin merespon kasus bunuh diri dokter Aulia Risma Lestari yang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di Universitas Diponegoro (Undip), diduga akibat bullying.

Menkes mengungkapkan, berdasarkan laporan yang ia terima, praktik perundungan di Indonesia sudah terjadi sejak lama dan harus dihentikan.

Budi bahkan membandingkan perundungan di pendidikan kedokteran ini dengan apa yang pernah terjadi di IPDN (Institut Pemerintah Dalam Negeri).

“Dulu ada yang sampai meninggal kan terjadi di sana. Ini mirip cuma di sana (IPDN) lebih ke tekanan fisik, ini tekanan mental,” kata Budi di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Baca Juga: Dokter Spesialis Dasar di 285 RSUD Tak Lengkap

Selain itu, berdasarkan skrining terhadap PPDS yang mereka lakukan, tidak sedikit dari peserta ingin bunuh diri.

“Di sini saya mengajak semua sektor yuk kita hentikan kebiasaan ini. Karena ini adalah kebiasaan buruk, berdampak buruk di profesi yang sangat mulia, kedokteran,” kata Budi.

“Banyak cara pendidikan yang jauh lebih scientific untuk menciptakan tenaga kerja yang tangguh tanpa harus mem-bully,” tegas Menkes. Menurutnya, ini tidak hanya berlaku untuk profesi dokter tapi juga seluruh sektor.

Baca Juga: Kesehatan Jiwa Peserta PPDS Harus Dijaga

Terkait meninggalnya mahasiswi dokter PPDS karena bunuh diri, Menkes tengah mengirimkan audit dan menggandeng kepolisian untuk melakukan pemeriksaan.

“Kami sudah menemukan ada buku catatan hariannya, jadi kita bisa melihat perkembangan moral, kejiwaannya beliau seperti apa, cukup detail juga ditulis di buku hariannya,” kata Budi.

“Jadi kita akan konfirmasi apakah ini benar-benar terjadi. Kalau hal ini benar-benar terjadi, kita akan pastikan yang memperlakukan seperti ini kita berikan sanksi yang tegas,” imbuh Menkes.

Selanjutnya: Izin praktik pelaku perundungan bisa dicabut

Leave a Reply