Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Wapres Ungkap 3 Strategi Reformasi Pasar Tenaga Kerja

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (dok. wapresri)

TopCareer.id – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberikan tiga strategi yang harus dilakukan untuk mereformasi tata kelola pasar tenaga kerja di Indonesia.

Hal ini ia sampaikan dalam Pembukaan Festival Ketenagakerjaan Naker Fest 2024 di Jakarta pada Jumat pekan lalu.

“Pertama, kembangkan dan sempurnakan Sistem Informasi Pasar Kerja yang telah ada,” ujarnya seperti mengutip keterangan tertulisnya, Selasa (27/8/2024).

Menurut Ma’ruf Amin, sistem ini harus bisa mengarahkan dunia pendidikan dan pelatihan, untuk mencetak talenta-talenta yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Sehingga, nantinya sistem bisa melakukan pencocokan keahlian dan kebutuhan dalam pasar tenaga kerja.

Baca Juga: Kemnaker Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

Sistem ini, tambah Ma’ruf Amin, juga harus bisa menurunkan biaya rekrutmen tenaga kerja sehingga membuat perusahaan menjadi semakin kompetitif.

“Kedua, tunjukkan komitmen kita terhadap reformasi pasar tenaga kerja Indonesia dengan mempromosikan peluang investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia kepada para investor,” kata Ma’ruf lebih lanjut.

Wapres mengatakan, dengan upaya perbaikan iklim investasi, para investor akan punya minat untuk menanam modal di Indonesia.

Baca Juga: Hubungan Kerja Fleksibel Cocok Buat Pekerja Muda

Dengan begitu, akan terbuka lebih banyak peluang untuk penciptaan lapangan kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ketiga, tingkatkan kolaborasi yang lebih baik lagi antara pemerintah, perusahaan, dan pekerja, serta seluruh pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem ketenagakerjaan,” lanjut Ma’ruf Amin.

Menurut Wapres, kolaborasi merupakan kunci utama dalam menyukseskan berjalannya seluruh sistem, perencanaan, dan regulasi yang telah disusun.

Leave a Reply