Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Lifestyle

Kriyanusa 2024 Siap Hadirkan Karya Perajin Muda

Dekranas akan menggelar Pameran Kriyanusa 2024 pada 28 Agustus sampai 1 September 2024 di Jakarta. (Biro Humas Kominfo)

TopCareer.idPameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024 digelar mulai hari ini, 28 Agustus sampai 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Membawa tema “Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya”, acara tahunan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini bakal menghadirkan karya perajin muda. Menurut mereka, ini juga bentuk dukungan regenerasi wastra Indonesia atau kain tradisional yang sarat akan makna budaya nusantara.

Ketua Pelaksana Kriyanusa 2024 Yantie Isfandiary Airlangga mengatakan, Kriyanusa 2024 menjadi ajang unjuk karya bagi perajin muda pemula.

Baca Juga: GIK UGM Suarakan Integritas Lewat Pentas Ketoprak

Dalam konferensi persnya di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta pada Senin, Yantie mengatakan untuk pameran tahun ini, mereka melakukan kurasi yang sangat ketat.

“Karena kita dengan judul perajin muda, sehingga kita memang memilih perajin-perajin yang awal, yang anak-anak muda, yang betul-betul baru pertama kali,” ujarnya.

Yantie menilai, banyak generasi muda yang menghasilkan karya yang bagus. “Ini adalah kesempatan pertama untuk kita mengkurasi betul-betul karya-karya mereka, unggulan-unggulan mereka, yang banyak sekali mungkin kita belum ketahui,” imbuhnya, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (28/8/2024).

Ingin Banyak Generasi Muda yang Hadir

Wakil Ketua Pelaksana Kriyanusa 2024 Elizabeth Thohir menyebut, wastra karya perajin muda akan dipadupadankan dengan kreativitas perancang fesyen, untuk melestarikan budaya bangsa. Kolaborasi ini, ujarnya, melahirkan produk yang unik, kreatif, dan kekinian.

“Yang menarik kegiatan ini untuk melatih, membina penenun yang muda-muda, jadi kita bisa mengajak penenun muda-muda ini untuk lebih giat dalam melestarikan budaya kita,” kata Elizabeth. Dia pun berharap pameran ini dapat mengundang lebih banyak generasi muda untuk hadir.

Selain pameran produk kerajinan, Pameran Kriyanusa 2024 juga akan menghadirkan hiburan, serta berbagai kuliner nusantara yang bisa dinikmati.

Ketua Bidang Promosi dan Humas Dekranas Dina Budi Arie menambahkan, promosi untuk Kriyanusa 2024 akan digencarkan melalui media sosial, mengingat anak muda juga jadi target dari acara ini.

“Sesuai tema Kriyanusa tahun ini, kami dari bidang humas dan promosi melakukan promosi yang agak beda juga dari tahun-tahun sebelumnya, karena anak muda itu selalu dekat dengan sosial media, selalu pegang gadget,” kata Dina. Salah satu platform media sosial yang digunakan untuk promosi kegiatan ini sendiri adalah TikTok.

“Jadi kita juga promosi melalui kanal-kanal media yang ada, Dekranas juga sudah punya TikTok mulai dari tahun ini,” pungkas Dina.

Leave a Reply