Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Agustus 9, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Begini Cara Menjual Hasil Karya Fotografi di Shutterstock

Fotografer makananan. Dok/Neuefoc.us

Topcareer.id – Shutterstock adalah platform kreatif yang berkembang di mana seniman fotografer profesional dan penggemar dapat menyumbangkan karya mereka untuk dilisensikan oleh jaringan pelanggan global yang luas.

Jika kamu ingin menjual konten di Shutterstock, yang perlu kamu lakukan untuk memulai adalah mendaftar untuk mendapatkan akun kontributor gratis.

Berikut adalah beberapa panduan dasar yang perlu kamu ketahui:

  • Berusia minimal 18 tahun untuk bisa mengirimkan karya ke Shutterstock
  • Karya harus asli dan kamu menjadi pemilik hak cipta dari karya yang kamu kirimkan
  • Submit.shutterstock.com adalah situs untuk artis yang berkontribusi dan shutterstock.com adalah untuk pelanggan yang melisensikan karya kamu
  • Karya yang menampilkan model atau milik pribadi dan ditujukan, untuk lisensi komersial harus disertai dengan rilis
  • Ada sejumlah batasan mengenai apa yang dapat diterima Shutterstock, terutama untuk lisensi komersial

Setelah mendaftarkan akun kontributor, kamu bisa masuk di submit.shutterstock.com, kemudian kamu bisa mulai mengirimkan karya!

Kirimkan karyamu

Shutterstock menerima berbagai konten yang dapat diunduh di bawah beberapa lisensi dan digunakan untuk tujuan komersial atau editorial.

Setelah kamu mengirimkan karya untuk ditinjau, tim peninjau konten shutterstock akan mengevaluasi kirimanmu berdasarkan sejumlah persyaratan teknis dan kepatuhan.

Biasanya dibutuhkan 1-2 hari untuk meninjau hasil karya kiriman kamu dan akan terlihat hasilnya di halaman Kirim.

Kiriman yang telah diterima, akan ditampilkan di Catalog Manager dan akan dipublikasikan di portofolio kamu dalam waktu 72 jam setelah disetujui.

Setelah konten kamu ditayangkan di situs, pelanggan dapat menemukan dan mengunduh karya kamu untuk proyek kreatif mereka.

Hasilkan uang dari Shutterctock

Setiap kali pelanggan mengunduh karya kamu, mereka akan membeli lisensi.

Sebagai orang yang berkontribusi, kamu akan mendapatkan persentase dari harga yang mereka bayarkan untuk lisensi tersebut.

Berapa banyak yang kamu peroleh per unduhan tergantung pada beberapa faktor, yakni jenis paket yang digunakan untuk pembelian, jenis lisensi yang disertakan dengan paket itu dan tingkat penghasilan sebagai kontributor pada saat pengunduhan.

Kamu juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan merujuk pelanggan dan kontributor ke platform Shutterstock.

Baca juga: 5 Tips Tingkatkan Skill Mobile Fotografi

Pembayaran

Setelah kamu memperoleh setidaknya $35 dari melisensikan hasil karya kamu di Shutterstock, maka kamu harus siap untuk mengumpulkan penghasilanmu!

Untuk menerima pembayaran dari shutterstock harus memiliki formulir pajak yang lengkap dan memilih penyedia pembayaran elektronik seperti PayPal, Skrill atau Payoneer.

Pastikan untuk menghubungi penyedia pembayaran jika ada batasan atau persyaratan khusus untuk menerima pembayaran, karena hal itu mungkin berbeda di berbagai negara dan wilayah.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan