Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
LifestyleProfesional

Tips & Etika ‘Work From Cafe’ Biar Tak Ganggu Orang Lain

Ilustrasi work from cafe. (Gambar oleh Free Photos dari Pixabay)

TopCareer.id – Tren kerja dari mana saja, termasuk dari kafe atau work from cafe, makin populer apalagi setelah pandemi membuktikan bahwa banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di luar kantor.

Banyak orang memilih bekerja dari kafe karena berbagai alasan mulai dari bosan kerja di rumah, hingga fasilitas yang ditawarkan mulai dari suasana dan WiFi yang kadang bisa diakses gratis.

Anda harus tetap ingat bahwa kafe atau coffee shop merupakan tempat umum di mana banyak orang juga kerja di sana, termasuk barista. Maka dari itu, menurut Tasting Table, dikutip Senin (2/9/2024), berikut beberapa tips dan etika saat work from cafe.

  • Berikan tip

Saat menghabiskan waktu dengan bekerja dalam waktu yang lama di kafe, tak ada salahnya memberikan uang tip. Hal ini bisa jadi bentuk penghargaan buat pekerja kafe atau barista yang harus kerja lebih lama karena Anda berada di sana lebih lama.

  • Teruslah memesan makan atau minuman selama kamu di sana

Jangan membuat barista atau pelayan kafe kesal dengan Anda yang berlama-lama di tempatnya bekerja, tanpa memesan apa pun selain secangkir kopi.

Jadi, ada baiknya sesekali memesan minuman lain, atau membeli makanan apabila berada di sana selama jam makan siang. Ini akan membuat barista merasa Anda di sana tak sekadar untuk menguasai tempat duduk.

Baca Juga: 10 Pekerjaan WFA yang Paling Laris Dicari Perusahaan

  • Cek berapa banyak orang di kafe

Jika memutuskan untuk menghabiskan waktu di sebuah kafe, pertimbangkan berapa banyak ruang tersedia dan berapa banyak orang yang sudah menempati tempat itu.

Kalau Anda masuk ke kedai kopi dan melihat hampir setiap kursi terisi, dengan banyak orang antre tempat duduk, lebih baik tidak menghabiskan waktu lama di sana.

Carilah kedai kopi yang punya banyak tempat duduk dan sedikit antrean. Jangan sampai Anda jadi orang yang memenuhi tempat, sementara ada orang lain yang hanya ingin makan siang sebentar.

  • Jangan bawa makanan dari luar

Anda mungkin ingin menghemat dengan membawa makanan atau minuman dari luar. Namun, ini bisa jadi bentuk perilaku tidak sopan bagi para pekerja kafe. Karena itu, belilah makan di kedai tersebut, atau makanlah terlebih dulu sebelum bekerja di sana.

Baca Juga: Sering Terjadi, 6 Kesalahan Pencari Kerja Ini Bikin Seret Panggilan

  • Pakailah headphone jika harus mendengarkan sesuatu

Kafe atau kedai kopi bisa jadi tempat berisik atau malah hening karena banyak orang yang juga bekerja. Karena itu, cobalah untuk setenang mungkin saat bekerja. Apabila harus mendengarkan sesuatu atau bekerja dengan musik, gunakan headphone atau headset.

  • Jangan ganggu pelanggan lain

Meski kafe merupakan lokasi yang baik untuk kerja sambil bersosialisasi dengan orang lain, namun pastikan untuk tidak mengganggu pelanggan lain yang ada di sana.

Tak masalah apabila sebuah percakapan singkat direspon dengan ramah dan mereka juga ingin terus melanjutkan pembicaraan. Jika tidak, biarkan orang itu tetap bekerja.

  • Jangan terima telepon di kedai kopi (atau setidaknya lakukan di luar)

Selain menggunakan speaker saat bekerja di kedai kopi, sebaiknya jangan menelepon dalam waktu lama di kafe bahkan dengan memakai headset. Aktivitas ini seringkali dianggap tidak sopan, karena “memaksa” orang lain untuk mendengarkan apa yang Anda bicarakan.

Yang terpenting, Anda tidak tahu siapa saja yang mungkin mendengarkan pembicaraan Anda, di mana ini bisa jadi masalah bagi keamanan perusahaan. Jika Anda benar-benar harus menerima telepon, pastikan menerimanya di luar untuk menjawabnya.

  • Jangan memonopoli colokan listrik

Stopkontak atau colokan listrik, biasanya jadi salah satu yang dicari oleh seseorang saat bekerja di kafe. Meski begitu, Anda harus ingat bahwa fasilitas ini bukan milik Anda sendiri.

Pastikan Anda tidak memonopoli stopkontak sepanjang waktu. Selain itu, jangan mencoba mengisi daya semua perangkat sekaligus.

Isilah daya semua peralatan sebelum pergi ke kedai kopi, jadi Anda tak harus menggunakan stopkontak. Perhatikan juga kabel agar tidak membuat orang lain tersandung.

Baca Juga: Hubungan Kerja Fleksibel Cocok Buat Pekerja Muda

  • Jangan ragu meminta orang lain mengawasi barang-barang

Saat work from cafe sendiri, mungkin Anda harus pergi ke kamar mandi atau ke kasir untuk membeli makanan atau minuman, dan meninggalkan barang-barang tanpa pengawasan.

Untuk ini, tak ada salahnya meminta bantuan pelanggan lain atau pekerja kafe untuk mengawasi barang-barang Anda. Pastikan dia adalah orang yang bisa dipercaya.

Meskipun demikian, jangan berharap orang tersebut akan mengawasi barang-barang Anda dalam waktu lama, sehingga jangan tinggalkan mereka terlalu lama.

Sebaliknya, jika seseorang meminta untuk mengawasi barang-barangnya, lakukan hal yang sama dengan baik. Anda mungkin akan mendapatkan teman baru.

  • Jangan bermain HP saat memesan sesuatu

Saat memesan kopi, taruh dulu ponsel atau HP agar tidak dianggap tak sopan oleh barista. Anda tidak harus mengobrol banyak dengan barista. Meski begitu, berinteraksi sebentar dengannya akan membuat Anda terlihat lebih ramah dan terbuka.

Baca Juga: Pandemi Hambat Keterampilan Komunikasi & Adaptasi

  • Tetaplah tenang saat sedang rapat

Jika harus melakukan rapat jarak jauh di kafe, pastikan untuk tidak membuat suara berisik agar tidak mengganggu orang lain yang sedang bekerja di sana. Hindari juga berbicara hal-hal privat tentang perusahaan, agar tidak membocorkan masalah-masalah internal terkait pekerjaan.

  • Jangan memonopoli kuota

Selain colokan listrik, fasilitas lain kafe yang tak boleh dimonopoli saat work from cafe adalah Wi-Fi.

Jika Anda menggunakan Wi-Fi kafe, hindari membuka terlalu banyak aplikasi atau video yang tak diperlukan, sehingga tidak memperlambat koneksi orang lain. Fokuslah pada satu tugas agar lebih produktif dan tidak mengganggu pengguna lain yang sedang bekerja.

Leave a Reply