Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Gaet Swasta, PLN Rampungkan PLTS Ground-Mounted Terbesar di Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ground-mounted hasil kerja sama PLN dengan Aruna, China Power, dan Huawei. (Huawei)

PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PLN Batam merampungkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ground-mounted (PLTS yang dipasang di atas tanah) terbesar di Indonesia, di Kawasan Industri Bukit Indah di Purwakarta, Jawa Barat.

Instalasi berkapasitas 100 Megawatt peak (MWp) ini merupakan kolaborasi PLN dengan PT Aruna Cahaya Pratama (Aruna PV), China Power Hubei, serta Huawei, sebagai dukungan untuk transisi energi ramah lingkungan di Tanah Air.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, mereka berkomitmen mendukung operasional pembangkit listrik ramah lingkungan untuk kawasan industri.

Komitmen ini telah menjadi bagian dari peta jalan transisi energi pemerintah demi mencapai target emisi nol bersih pada 2060.

Baca Juga: PLN Beri Tips Hindari Potensi Bahaya Listrik Saat Cuaca Ekstrem

“Kelistrikan menjadi motor penggerak roda perekonomian di Indonesia,” kata Darmawan dalam siaran persnya, ditulis Kamis (5/9/2024).

“Saat ini, PLN tidak hanya bertindak sebagai penyedia energi listrik yang andal tetapi juga berkomitmen untuk mewujudkan listrik ramah lingkungan bagi industri,” pungkasnya.

Lebih lanjut Darmawan mengungkapkan, proyek ini dirampungkan hanya dalam waktu tujuh bulan, menjadi yang tercepat di antara proyek sejenis yang melibatkan salah satu teknologi tercanggih di Indonesia.

Selain itu, katanya, kolaborasi ini merepresentasikan kolaborasi antara pemerintah, BUMN, dan mitra swasta dalam mewujudkan ketahanan energi melalui peningkatan pemanfaatan sumber energi terbarukan.

“Perubahan iklim merupakan isu global yang harus diatasi secara kolektif. PLN tidak dapat menanggung beban ini sendiri saja. Satu-satunya jalan untuk bergerak maju adalah melalui kolaborasi,” katanya.

Baca Juga: Hindari Krisis Energi, Dunia Butuh Investasi Tambahan USD1,3 Triliun pada 2030

Setelah beroperasi penuh, PLTS KBI Tatajabar Sejahtera 100 MWp dapat dapat menghasilkan energi listrik ramah lingkungan lebih dari 146.000 megawatt-hour (MWh) per tahun.

Performa ini berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon dioksida hingga 114.700 ton dan memangkas penggunaan batu bara sebesar 58.430 ton.

Energi yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan listrik sekitar 112.000 rumah tangga selama setahun penuh, memberikan kontribusi besar yang signifikan dalam pengembangan energi bersih di Indonesia.

“Proyek ini menggunakan konsep ramah lingkungan dimulai dari desain, pengadaan, konstruksi dan seluruh kegiatan commissioning,” kata Liu Gaofeng, perwakilan dari Power China Hubei Engineering Co. Ltd.

Libatkan Teknologi Inverter dan SmartLogger

Sementara, Jin Song, Head of Digital Power, Huawei Indonesia menyebutkan bahwa mereka membawa teknologi inverter dan SmartLogger-nya ke proyek ini.

Inverter berperan vital dalam sistem tenaga surya untuk mengubah arus searah (DC) yang dihasilkan panel surya menjadi arus bolak-balik (AC), sehingga dapat digunakan peralatan rumah tangga dan disalurkan ke jaringan listrik.

Teknologi ini dirancang untuk memaksimalkan hasil produksi energi, dengan fitur seperti pelacakan titik daya maksimum
(MPPT) yang mengoptimalkan efisiensi panel surya.

Proyek pembangkit hijau hasil kolaborasi antara PLN Batam dan Aruna PV ini merupakan PLTS ground-mounted terbesar di Indonesia, yang melibatkan pemasangan 170.000 modul panel surya dan 240 inverter di lahan seluas 85 hektar.

Jin Song menambahkan, SmartLogger memungkinkan pengguna untuk memonitor kinerja sistem secara real-time melalui aplikasi atau platform web.

Hal ini memberikan transparansi dan kontrol yang lebih baik terhadap operasi PLTS, memastikan setiap komponen bekerja dengan optimal.

Proyek ini juga diharapkan membawa manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat setempat.

Selama tahap konstruksi, proyek ini juga diklaim menciptakan ribuan lapangan kerja, meningkatkan kesempatan kerja dan kesejahteraan sosial di wilayah Purwakarta.

Leave a Reply