Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 22, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Lazada Hadirkan Pengiriman Ramah Lingkungan

Kurir OTW menyerahkan paket belanja online Lazada kepada pelanggan dengan armada listrik #BlueVehicle (Dok. Lazada)

TopCareer.idLazada menggaet PT OTW Sinergi Niaga atau Orderan Tepat Waktu (OTW) untuk menjalankan operasional logistik yang ramah lingkungan, dengan kurir bersepeda motor listrik Blue Vehicle.

“Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” kata Chief Business Officer Lazada Indonesia Stefan Winata.

Stefan, melalui keterangan tertulisnya, mengatakan armada Blue Vehicle merupakan armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan.

Baca Juga: Lazada & Namirah Logistic Jangkau Pelosok Sumut

Kolaborasi Lazada dan OTW dengan Blue Vehicle ini fokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

Chief Executive Officer OTW Gary Prawira mengatakan, mereka memiliki perhatian besar terhadap upaya keberlanjutan, serta berusaha menjalankan operasional yang lebih ramah lingkungan.

“OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik,” kata Gary, ditulis Senin (8/7/2024).

Dampak Positif pada Kurir

Pengiriman paket yang ramah lingkungan juga diklaim berdampak positif pada kesejahteraan mitra kurir Lazada di OTW.

Gary mengatakan, sejak menggunakan kendaraan listrik, kurir dapat menghemat waktu dan energi karena pengisian daya kendaraan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja, selama perangkat dan daya listrik mendukung.

“Selain itu, pemakaian kendaraan listrik dapat mengeliminasi biaya bensin yang berujung pada pendapatan mitra kurir yang lebih menguntungkan,” kata Gary.

Dengan rata-rata biaya pengisian daya penuh sebesar kurang dari Rp 5.000, kendaraan berbasis listrik mitra kurir bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer, menjadikannya jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin.

Fasilitas logistik OTW yang melayani pengiriman paket ke konsumen Lazada juga disediakan fasilitas pengisian daya kendaraan, membuat kurir dapat mengisi daya sambil memuat paket.

Jumlah paket yang diantar juga disebut meningkat berkali lipat saat festival belanja online di Lazada, dan tetap terkirim dengan baik ke konsumen.

Diakui kadang ada kendala area yang sulit dijangkau ataupun jadwal pengiriman yang harus disesuaikan dengan waktu konsumen khususnya yang memilih metode Cash-on-Delivery (COD). Namun menurut Gary, “kurir kami tetap berdedikasi memberikan layanan terbaik untuk konsumen.”

Lazada pun menambahkan, upaya keberlanjutan bersama OTW ini juga mendapatkan apresiasi dari konsumen. Kurir juga seringkali bangga menceritakan ke konsumen, soal upaya ramah lingkungan dengan kendaraan listriknya.

Leave a Reply