Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Saturday, October 5, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Hippindo Suarakan Gerakan Belanja di Indonesia Aja

Hippindo menginisiasi Gerakan 'Belanja di Indonesia Aja' untuk memperkuat perdagangan dalam negeri. (Hippindo)

TopCareer.id Belanja di dalam negeri bisa jadi cara untuk meningkatkan pendapatan Tanah Air. Kampanye inilah yang tengah digaungkan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), lewat Gerakan Belanja di Indonesia Aja.

Gerakan Belanja di Indonesia Aja diluncurkan dalam serangkaian acara Indonesia Retail Summit 2024. Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum Hippindo mengatakan, gerakan ini juga disambut baik oleh pihak kementerian dan para mitranya.

Gerakan ini punya tujuan memperkuat perdagangan dalam negeri, sehingga memiliki dampak yang signifikan bagi perekonomian nasional. Menurut Budi, dengan berbelanja di dalam negeri, pendapatan domestik dapat ditingkatkan dan devisa tetap terjaga berada di Tanah Air.

Baca Juga: Ada 22 Juta UMKM Masuk E-Commerce, Naik 14 Jutaan Dibanding 2020

Dengan mendorong masyarakat untuk memilih Belanja di Indonesia Aja, baik brand global, produk lokal, maupun UMKM bisa tumbuh dan berkembang untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga tidak hanya berwisata saja namun juga wisata belanja serta wisata kuliner.

“Agar menarik wisata belanja perlu didorong untuk brand global agar variasi produk dan harga yang sama dengan negara lainnya,” kata Budi, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (9/9/2024).

Untuk itu, Budi menambahkan, produk lokal dan UMKM dapat didorong agar menghasilkan produk yang berkualitas dan bisa go global.

Gerakan ini juga dinilai tak hanya bisa memperkuat perekonomian nasional melalui peningkatan daya beli lokal, tapi juga menjaga stabilitas devisa, mendorong perkembangan produk lokal dan UMKM, serta mempromosikan potensi produk Indonesia kepada dunia.

Baca Juga: 2024, 30 Juta UMKM Ditargetkan ‘Go Digital’

Ratna Puspitasari, Pengamat Komunikasi Pemasaran dan CEO Fortuna menambahkan, industri ritel berpotensi untuk terus berkembang pesat.

Namun tak cuma mendorong perkembangan sektor ritel, menurut Ratna gerakan ini juga dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

“Gerakan ini akan mendorong masyarakat Indonesia agar lebih memilih dan mengutamakan produk lokal dalam kegiatan belanja. Pastinya, ini akan memperkuat ekonomi lokal, dan mendukung usaha mikro dan UKM,” kata Ratna.

Sebagai pilot project, Belanja di Indonesia Aja Hippindo menggaet Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta, dengan menyelenggarakan Jakarta International Investment, Trade, Tourism and SME Expo (JITEX) 2024, untuk menjadikan Jakarta sebagai Kota MICE Global.

Leave a Reply