TopCareerID

Startup Agritech dan Aquatech Didorong Manfaatkan AI

Menkominfo mendorong pemanfaatan AI oleh startup agritech dan aquatech di Indonesia. (YouTube Kemkominfo TV)

TopCareer.id – Perusahaan rintisan (startup) digital di sektor pertanian (agritech) dan perikanan (aquatech) dinilai punya peluang untuk jadi tulang punggung pengembangan ekonomi kerakyatan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun mendorong startup agritech dan aquatech, untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Dalam pertemuannya dengan mantan Menkominfo Rudiantara pekan lalu, Budi juga menyampaikan bagaimana memberdayakan startup di dua sektor tersebut.

“Karena kedua sektor inilah yang menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan kita, pilar ekonomi maritim kita,” katanya dalam Konferensi Pers Nexthub Global Summit 2024.

Menurut Budi, di Media Center Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa lalu, pemanfaatan AI sebenarnya sudah dilakukan pelaku industri lokal sektor pertanian dan perikanan.

Baca Juga: Menkominfo: Judi Online Bikin Pabrik Lakukan PHK

Sebagai contoh, Sayurbox sudah memanfaatkan AI untuk memprediksi permintaan konsumen, mengoptimalisasi pengelolaan stok produk, serta otomatisasi rute pengiriman.

“Di sektor perikanan, startup e-fishery telah mengembangkan AI untuk pengelolaan sistem pemberian makanan atau feeding system, dan monitoring perilaku perikanan secara real-time,” kata Budi.

Mengutip siaran pers, Jumat (13/9/2024), Menkominfo juga menekankan agar inovasi ini akan menjadi inspirasi untuk terus berkreasi, serta mencari terobosan baru di kedua sektor.

Budi juga mengatakan, bukan hanya pengembang startup yang harus inovatif.

“Kami di pemerintah juga harus terus adaptif, dan menempatkan diri tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator,” pungkas Menkominfo.

Baca Juga: Yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Hendak Kerja di Startup Baru

Dalam menghadapi tech-winter dan menurunnya minat serta investasi sektor teknologi, yang tengah berlangsung secara global, Budi pun mengingatkan Indonesia harus punya sikap optimistis.

Menurutnya, ketidakpastian ekonomi dan dinamika geo-politik global berpengaruh pada perkembangan ekosistem startup di berbagai belahan dunia.

Namun, Budi Arie mendorong kaum muda Indonesia untuk selalu optimis menghadapi kondisi tersebut.

“Kita tidak boleh pesimis, anak muda Indonesia harus tetap optimis. Di tengah berbagai tantangan itu, masih ada begitu banyak peluang yang nyata terbuka di depan mata,” kata Menkominfo.

“Salah satu contohnya adalah pemanfaatan AI dalam pengembangan startup,” tegasnya.

Exit mobile version