Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Ibu Kota PindahTren

Mau Berkunjung ke IKN? Simak Tata Caranya

Taman Kusuma Bangsa IKN (YouTube Sekretariat Presiden)

TopCareer.id – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka kesempatan buat masyarakat umum untuk berkunjung ke IKN dan melihat secara langsung Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa Nusantara.

Sejak Senin (16/9/2024), masyarakat sudah dapat mengunjungi IKN dengan jadwal kunjungan setiap hari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Adapun, kuota per hari sebanyak 300 orang.

Pembatasan pengunjung diterapkan karena IKN masih dalam proses pembangunan, sehingga mempertimbangkan aspek keamanan, ketertiban serta keselamatan.

“Kami ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat langsung perkembangan Nusantara sambil memastikan bahwa proses pembangunan tetap berjalan optimal,” kata Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik IKN Troy Pantouw.

Baca Juga: IKN Bakal Didukung dengan Infrastruktur Berbasis Teknologi

Mengutip siaran pers, berikut ini tata cara kunjungan ke IKN untuk masyarakat:

  • Pengunjung wajib mendaftarkan diri melalui aplikasi IKNOW sebelum waktu kunjungan ke Nusantara. Tiket akan diberikan secara gratis
  • Titik parkir kendaraan pengunjung sekaligus sebagai titik kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara ada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen (Samping RS Hermina)
  • Di titik kumpul pengunjung wajib menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW yang valid kepada petugas Liaison Officers (LO)
  • Setelah pemeriksaan, pengunjung didampingi LO melakukan perjalanan menggunakan Electric Vehicle (EV) Bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa, perjalanan ditempuh dengan durasi 10 menit
  • Turun di Halte Plaza Seremoni Barat di mana pengunjung dapat mengunjungi baik Plaza Seremoni yang berada di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa yang ada di sebelah barat.
  • Di Plaza Seremoni, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Mini Amphiteater, Forest Trail, Retail Galery, dan Visitor Center.
  • Di Taman Kusuma Bangsa, pengunjung dapat melihat sejumlah landmark penting dari kejauhan seperti Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni
  • Pengunjung dapat kembali ke Rest Area/Simpang Trunen menggunakan EV Bus yang melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit.

Baca Juga: ASN yang akan Dipindahkan ke IKN Harus Kuasai Skill dan Multitasking

Selama berkunjung ke IKN, pengunjung wajib mematuhi aturan seperti menggunakan transportasi umum yang disediakan pada titik kumpul, menjaga kebersihan, tidak merokok, tidak memasuki area yang bukan sebagai area berkunjung, dan mematuhi seluruh arahan petugas di lapangan.

Aplikasi IKNOW dapat diunduh melalui App Store untuk iOS dan Play Store untuk Android.

Leave a Reply