Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Lifestyle

Silent Walking Jadi Tren Viral di TikTok, Apa Itu?

Ilustrasi jalan kaki. (Tobi/pexels)

TopCareer.idSilent walking atau jalan kaki dengan hening belakangan jadi tren yang viral di media sosial TikTok, dan diklaim baik untuk kesehatan mental.

Pada dasarnya, silent walking hanyalah jalan kaki biasa dalam diam, tanpa ponsel, headphone, atau distraksi apapun yang mengalihkan pandangan dari lingkungan sekitar.

Mengutip Today, Sabtu (21/9/2024), tren ini dimulai tanpa sengaja oleh TikToker Mady Maio mengunggah tentang saran yang diterimanya dari ahli gizi, untuk jalan kaki selama 30 menit sehari.

Baca Juga: Benarkah Jalan Kaki Bikin Panjang Umur?

Saran itu diikuti saran lain dari pacarnya, yang menantangnya untuk tidak mendengarkan siniar, musik, atau apa pun saat melakukannya.

Kemudian, banyak orang yang mengunggah di media sosial tentang pengalaman mereka sendiri, yang berjalan kaki setiap hari tanpa gangguan.

“Jalan senyap adalah cara mudah untuk melepaskan diri dari semua kebisingan dan kekacauan yang menjadi bagian dari dunia kita yang sibuk,” kata Juanita Guerra, psikolog klinis di New Rochelle, New York, Amerika Serikat.

Baca Juga: Waktu yang Paling Baik untuk Jalan Kaki Santai

Sementara, menurut psikolog Amanda Darnley, dengan menyingkirkan gangguan, silent walking memungkinkan orang untuk menjadi lebih sadar akan lingkungan dalam dan luar mereka.

Menurut dokter pengobatan integratif Suzanne Hackenmiller kepada Today.com, tren ini muncul karena semakin banyak orang yang mencoba untuk terhubung kembali dengan dirinya sendiri.

“Studi terbaru menemukan tingkat kecemasan dan depresi telah meningkat secara dramatis sejak awal pandemi, dan saya yakin orang-orang mencari pendekatan alami dan integratif untuk meningkatkan kesehatan mental mereka,” ujarnya.

Tips melakukan silent walking

Guerra mengatakan, berjalan tanpa gangguan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. “Berlatih jalan senyap dapat terbukti menantang, mengingat kita hidup di dunia yang terlalu banyak rangsangan,” ujarnya.

Maka dari itu, ada beberapa tips buat kamu yang mau mencoba silent walking:

  • Berjalanlah di area tenang, seperti di alam atau di luar ruangan. Pilih waktu saat ada sedikit orang atau aktivitas di sekitar area tersebut yang dapat mengalihkan perhatian.
  • Penuhi kebutuhan dasar tubuh seperti haus dan lapar agar tidak mengganggu.
  • Pastikan tidak ada telepon, teman jalan, atau peliharaan.
  • Fokus pada perasaan, pernapasan, dan keindahan di sekitar Anda.
  • Jika tidak bisa berjalan jauh atau tidak punya akses ke alam, Anda dapat berjalan dalam keheningan di mana saja. Lingkungan sekitar tak harus sunyi, tapi Anda harus melakukannya.

Leave a Reply