TopCareerID

Kemenkes: Pimpinan Perusahaan Harus Peduli Kesehatan Jiwa Pekerja

dampak pandemi pada tenaga kerja

Ilustrasi kantor. Foto : Pixabay

TopCareer.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan agar pimpinan perusahaan agar lebih perhatian pada pekerja atau karyawannya, demi menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan positif dan baik untuk kesehatan jiwa.

Selain itu, pekerja juga harus saling peduli dan lebih peka terhadap rekan-rekannya.

Dalam sambutan di Pekan Raya Sehat Jiwa pada hari Minggu, 13 Oktober 2024 lalu, Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugara mengatakan, perhatian pimpinan ke staf bisa dilakukan dengan memberikan penghargaan kecil.

“Misalnya memberikan like di media sosial. Saat ada yang ulang tahun, kita ucapkan selamat ulang tahun. Kalau dia bekerja dengan baik, kita ucapkan terima kasih,” kata Kunta, seperti dikutip dari Sehat Negeriku, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga: World Mental Health Day 2024 Soroti Isu Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Kunta mengatakan, penghargaan kecil ini seringkali luput untuk dilakukan. Padahal, tindakan tersebut bisa jadi sangat penting untuk menjaga kinerja dan kesehatan jiwa para pekerja di tempat kerjanya.

“Kadang kita hanya menuntut, tapi kalau mereka bekerja baik, kita tidak menunjukkan ekspresi bahwa kita telah dibantu mereka,” kata Kunta.

Tak cuma jadi tanggung jawab pimpinan, kepekaan dan perhatian juga harus ditunjukkan oleh sesama rekan kerja.

“Bila ada rekan kerja yang berubah, misalnya mulai menyendiri, biasanya suka makan bersama tapi kok tidak pernah datang lagi, nah hal-hal seperti ini yang harus diperhatikan,” kata Kunta.

Menurutnya, kepedulian ini akan menumbuhkan rasa percaya, sehingga mereka yang mengalami masalah bisa lebih terbuka untuk bercerita.

Baca Juga: Kemnaker Ingatkan Perusahaan Tak Abaikan Stres Pekerja

“Saya mendorong teman-teman semua mengenal teman-teman kita, orang di sekitar kita. Kerja bersama, solidaritas itu penting, bersaing boleh, tapi bersainglah dengan sehat. Sehingga, kehidupan kita juga sehat,” pungkas Kunta.

Pekan Raya Sehat Jiwa merupakan puncak peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2024.

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Saatnya Prioritaskan Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja.”

Exit mobile version