Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, December 3, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Dorong Minat Pembeli di Musim Belanja, Meta Bagikan Saran Ini Buat Bisnis

Gambar oleh Artapixel dari PixabayIlustrasi Meta. (Gambar oleh Artapixel dari Pixabay)

TopCareer.idMeta mengatakan konsumen di Indonesia semakin menghargai pengalaman belanja yang dipersonalisasi, serta pesan yang relevan buat mereka, lebih dari sebelumnya, terutama jelang musim liburan atau perayaan akhir tahun.

Survei dari Meta dan YouGov menunjukkan perpesanan bisnis dan rekomendasi dari kreator konten menjadi pendorong utama saat Mega Sales Days atau acara penjualan besar-besaran, di kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia.

Survei yang mencakup perilaku belanja 1.777 konsumen di Indonesia saat musim liburan ini menyatakan, momen double-date di akhir tahun tetap mendominasi Mega Sales Days.

Di sini, 90 persen konsumen Indonesia mengalokasikan anggaran besar untuk mendapatkan diskon terbaik (64 persen) dan harga terbaik (65 persen).

Baca Juga: Lindungi Remaja dari Sekstorsi, Meta Luncurkan Fitur Keamanan Baru

Menurut Meta, selama Mega Sales Days, media sosial berperan besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

Dalam risetnya, Meta mencatat 94 persen konsumen di Indonesia mengakui kreator konten di Meta (Facebook, Instagram, dan WhatsApp) mempengaruhi keputusan mereka berbelanja.

Selain itu, platform Meta membantu pelanggan menemukan merek baru (76 persen), mengevaluasi produk yang ingin dibeli (64 persen), hingga melakukan pembelian (82 persen).

Meta dan YouGov pun memberikan lima wawasan dan saran penting dari survei mereka, yang bisa membantu bisnis mendorong minat belanja konsumen selama Mega Sales Days.

  • Dorong kegiatan berbelanja, dari penemuan hingga pembelian di musim liburan

Meta berperan dalam mendukung perjalanan belanja konsumen Indonesia selama Mega Sales Days, dengan membantu mereka menemukan merek baru (76 persen), mengevaluasi produk (64 persen), dan mendorong pembelian (82 persen).

Dengan pendekatan personal dan pesan bisnis yang disesuaikan, Meta memperkuat kehadiran merek di platformnya, yang dinilai efektif dalam mendukung kebiasaan belanja konsumen dari tahap penemuan hingga pembelian.

Karena 75 persen konsumen menunggu penawaran menarik, bisnis disarankan memperkuat eksistensinya di platform Meta untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong penjualan, selama musim belanja akhir tahun.

  • Kreator konten jadi pendorong utama keputusan belanja konsumen

Selama Mega Sales Days, konsumen Indonesia banyak berinteraksi dengan kreator di platform Meta (94 persen), mempercayai rekomendasi mereka (54 persen), dan mempertimbangkan saran kreator dalam keputusan belanja (63 persen).

Kreator konten membantu 60 persen konsumen menemukan merek dan produk yang relevan. Sementara bagi bisnis, bermitra dengan kreator merupakan strategi efektif untuk memperluas jangkauan dan memperkuat loyalitas konsumen.

Baca Juga: Jelang Pilkada 2024, Meta Luncurkan Hub Pemilu

  • Perpesanan bisnis yang dipersonalisasi

Selama musim liburan dan Mega Sales Days, 76 persen konsumen di Indonesia berinteraksi dengan bisnis melalui layanan perpesanan Meta, di mana fitur Direct Message (DM) Instagram jadi pilihan utama (72 persen).

Selain itu, konsumen menghargai respons cepat (46 persen) dan komunikasi langsung (41 persen), yang menekankan pentingnya interaksi personal selama musim perbelanjaan.

  • Peran video dalam mendorong penemuan dan berbelanja produk

Selama Mega Sales Days di musim belanja akhir tahun, 92 persen konsumen di Indonesia melaporkan berencana menonton video online, dengan 81 persen menyatakan video berpengaruh pada keputusan berbelanja.

Format video pendek di platform Meta sangat efektif, dengan 65 persen konsumen lintas generasi mengonsumsinya.

Bisnis dapat memanfaatkan format ini untuk memasarkan produk dengan menciptakan konten menarik yang menyoroti keunggulan produk.

Baca Juga: 6 Tips Kembangkan Bisnis Online Biar Makin Cuan

  • Berdayakan bisnis dengan solusi AI Meta

Selama Mega Sales Days, Meta mendukung bisnis meraih kesuksesan melalui teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terkini, termasuk kampanye belanja Advantage+ (ASC).

Pengguna ASC mengalami peningkatan 20 persen dalam Laba Atas Belanja Iklan ((ROAS/Return on Ad Spending), menghasilkan rata-rata pendapatan sebesar USD 3,47 (sekitar Rp 54.000) untuk setiap dana yang dihabiskan.

Dengan memanfaatkan teknologi AI dan iklan yang dipersonalisasi, bisnis dapat mengoptimalkan potensi selama Mega Sales Days.

Leave a Reply