TopCareer.id – Sebagai pekerja profesional, penting juga bagi jurnalis untuk membangun personal branding di media sosial, salah satunya melalui LinkedIn.
Career Expert LinkedIn, Serla Rusli menyebut, LinkedIn saat ini tak cuma sebatas platform untuk membangun koneksi untuk mendapatkan pekerjaan.
Dalam temu media di Jakarta pada Kamis (5/12/2024), Serla mengatakan saat ini LinkedIn juga bisa jadi sumber berita. Maka dari itu, tak ada salahnya jurnalis untuk aktif di platform tersebut.
“Sebenarnya banyak orang-orang yang datang ke LinkedIn untuk menjadikannya sebagai sebuah sumber berita. Siapa lagi yang paling bagus untuk memberikan berita tersebut? Teman-teman jurnalis,” kata Serla.
Baca Juga: 10 Persen Profesional Saat Ini Punya Jabatan yang Tak Ada di Tahun 2000
Menurutnya, banyak orang yang juga mencari informasi di LinkedIn, misalnya apa yang tengah jadi tren di dunia ekonomi, di mana para jurnalis dapat membagikan informasi yang didapatnya di platform itu.
Selain itu, LinkedIn juga bisa jadi tempat jurnalis untuk membagikan perspektif tambahan.
Serla mengatakan, wartawan bisa memberikan pembacanya berbagai informasi tambahan seperti apa yang terjadi selama proses atau behind the scene dari sebuah peliputan.
Baca Juga: Tarik Minat Pekerja Gen Z, Perusahaan Bisa Lakukan Ini
Manfaat terakhir tentu saja untuk membangun portofolio dan reputasi. Menurut Serla, mencari dan membangun koneksi dengan narasumber sangatlah penting bagi seorang wartawan.
“Narasumber bisa melihat apa sih yang kita posting, berita apa sih yang kita tulis, akan membangun kepercayaan mereka terhadap kita, ” kata Serla.
Dengan terbangunnya kepercayaan dan reputasi seorang jurnalis, narasumber mungkin akan lebih dapat terbuka untuk membagikan perspektifnya.