TopCareer.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta membuka lowongan kerja untuk Tenaga Ahli Bidang Perencanaan Pembangunan Tahunan.
Posisi yang tersedia yaitu Tenaga Ahli Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (1 orang), Tenaga Ahli Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta (3 orang), dan Tenaga Ahli Evaluasi Perencanaan dan Hasil Pengukuran Kinerja (2 orang).
Mengutip dari Pengumuman Nomor 175/PPT/PN.01 tentang Seleksi Calon Penyedia Jasa Konsultasi Bidang Perencanaan Pembangunan Tahunan Bappeda DKI Jakarta Tahun Anggaran 2026, berikut kualifikasi yang dibutuhkan.
Kualifikasi Administrasi
- Surat Lamaran yang ditujukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Perencanaan Pembangunan Tahunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta;
- Surat Pernyataan Pakta Integritas;
- Formulir Isian Kualifikasi;
- Scan Identitas Kewarganegaraan Indonesia seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Paspor/Surat Keterangan Domisili Tinggal;
- Scan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
- Foto berwarna ukuran 4×6;
- Daftar Riwayat Hidup/Curiculum Vitae (CV);
- Bersedia untuk mempunyai akun Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP LKPP) pada LPSE DKI Jakarta apabila dinyatakan lulus Seleksi Calon Penyedia Jasa Konsultasi Bidang Perencanaan Pembangunan Bappeda Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2026.
- Scan Ijazah yang sesuai dengan syarat kualifikasi;
- Surat pernyataan yang ditandatangani Peserta yang berisi:
- Tidak dikenakan sanksi daftar hitam;
- Keikutsertaannya tidak menimbulkan pertentangan kepentingan pihak yang terkait;
- Tidak dalam pengawasan pengadilan dan/atau sedang menjalani sanksi pidana;
- Tidak berstatus Aparatur Sipil Negara, kecuali yang bersangkutan mengambil cuti di luar tanggungan negara;
- Tidak sedang terikat kontrak kerja dengan instansi lain;
- Bersedia ditempatkan di wilayah Provinsi DKI Jakarta;
- Tidak menuntut apabila anggaran tidak tersedia dan terdapat perubahan anggaran dalam DPA-Perangkat Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2026 atau proses pengadaan langsung dibatalkan;
- Tidak menuntut untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan/atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK); dan
- Menjaga seluruh data dan informasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan tidak boleh dipergunakan untuk keperluan apapun tanpa persetujuan tertulis Bappeda Provinsi DKI Jakarta
Baca Juga: Lowongan Kerja Supervisor Surveyor Indonesia, Buka hingga 12 Desember 2025
Kualifikasi Teknis
a. Tenaga Ahli Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah
Tenaga Ahli Asisten Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah
Kualifikasi:
- Memiliki latar belakang pendidikan S1 Statistik / S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan yang memadai;
- Mampu melakukan analisis data dan menyajikannya dalam bentuk paparan dengan baik;
- Dapat mengoperasikan Microsoft Excel dengan baik;
- Memiliki inisiatif yang tinggi;
- Cekatan, berorientasi pada hasil, dan bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan;
- Mampu berkomunikasi dan bekerja dalam tim dengan baik;
- Memiliki manajemen waktu yang baik;
- Berdedikasi dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan; dan
- Sanggup mematuhi peraturan yang berlaku dan menjaga rahasia pekerjaan sesuai dengan kerahasiaan urusan pemerintah.
b. Tenaga Ahli Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta
Tenaga Ahli Assistant Supervisor Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta
Kualifikasi:
- Memiliki latar belakang pendidikan S1 Perencanaan Wilayah dan Kota / S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan / S1 Ilmu Administrasi Negara yang memadai dengan pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun;
- Memiliki pengalaman bekerja di Instansi Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan Lembaga Negara atau setara;
- Diutamakan memiliki pemahaman dan kemampuan analisa makroekonomi, infografis, dan/atau rencana pembangunan;
- Diutamakan memiliki pengalaman dalam penyusunan kebijakan publik, policy brief, dan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan;
- Dapat mengoperasikan Microsoft Office dengan sangat baik dan penguasaan program lainnya guna mendukung pekerjaan menjadi nilai tambah;
- Berperilaku baik, open minded, dan positive thinking;
- Mampu berkomunikasi dengan baik;
- Mampu bekerja bersama (team work);
- Memiliki manajemen waktu yang baik;
- Disiplin, cekatan, dan berorientasi pada hasil; dan
- Berdedikasi dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
Tenaga Ahli Analis Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta
Kualifikasi:
- Memiliki latar belakang pendidikan S1 Perencanaan Wilayah dan Kota / S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan / S1 Ilmu Administrasi Negara yang memadai dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun;
- Memiliki pengalaman bekerja di Instansi Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan Lembaga Negara atau setara;
- Diutamakan memiliki pemahaman dan kemampuan analisa makroekonomi, infografis, dan/atau rencana pembangunan;
- Diutamakan memiliki pengalaman dalam penyusunan kebijakan publik, policy brief, dan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan;
- Dapat mengoperasikan Microsoft Office dengan sangat baik dan penguasaan program lainnya guna mendukung pekerjaan menjadi nilai tambah;
- Berperilaku baik, open minded, dan positive thinking;
- Mampu berkomunikasi dengan baik;
- Mampu bekerja bersama (team work);
- Memiliki manajemen waktu yang baik;
- Disiplin, cekatan, dan berorientasi pada hasil; dan
- Berdedikasi dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
Tenaga Ahli Analis Aspirasi Masyarakat
Kualifikasi:
- Memiliki latar belakang pendidikan S1 Perencanaan Wilayah dan Kota / S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan / S1 Ilmu Administrasi Negara yang memadai dengan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun;
- Memiliki pengalaman bekerja di Instansi Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan Lembaga Negara atau setara;
- Kemampuan analisa Diutamakan memiliki pemahaman dan makroekonomi, infografis, dan/atau rencana pembangunan;
- Diutamakan memiliki pengalaman dalam penyusunan kebijakan publik, policy brief, dan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan;
- Dapat mengoperasikan Microsoft Office dengan sangat baik dan penguasaan program lainnya guna mendukung pekerjaan menjadi nilai tambah;
- Berperilaku baik, open minded, dan positive thinking;
- Mampu berkomunikasi dengan baik;
- Mampu bekerja bersama (team work);
- Memiliki manajemen waktu yang baik;
- Disiplin, cekatan, dan berorientasi pada hasil; dan
- Berdedikasi dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
Baca Juga: Alasan Warga Indonesia Masih Gampang Ketipu Lowongan Kerja Palsu
c. Tenaga Ahli Evaluasi Perencanaan dan Hasil Pengukuran Kinerja
Tenaga Ahli Evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)
Kualifikasi:
- Memiliki latar belakang pendidikan S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan /S1 Perencanaan Wilayah dan Kota / S1 Administrasi Negara yang memadai dengan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun;
- Memiliki pengalaman dalam melakukan evaluasi kebijakan dan hasil kinerja pemerintahan, khususnya di pemerintah daerah;
- Diutamakan memiliki pengalaman bekerja di Instansi Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan Lembaga Negara atau setara;
- Mampu melakukan analisis terhadap perencanaan dan hasil pengukuran kinerja, termasuk kemampuan mengolah data dan menyusun laporan hasil evaluasi secara sistematis;
- Mampu menyusun kerangka logis (logical framework) untuk perencanaan pembangunan daerah;
- Terampil mengoperasikan Microsoft Office dan program pengolahan data lainnya yang relevan;
- Mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu bekerja secara mandiri untuk memberikan kontribusi dalam tim; dan
- Memiliki manajemen waktu yang baik, disiplin, cekatan, berorientasi pada hasil, serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
Tenaga Ahli Evaluasi Perjanjian Kinerja (Perkin)
Kualifikasi:
- Memiliki latar belakang pendidikan S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan /S1 Perencanaan Wilayah dan Kota / S1 Administrasi Publik / S1 Administrasi Negara atau setara yang memadai dengan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun;
- Memiliki pengalaman dalam melakukan evaluasi kebijakan dan hasil kinerja pemerintahan, khususnya di pemerintah daerah;
- Diutamakan memiliki pengalaman bekerja di Instansi Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan Lembaga Negara atau setara;
- Mampu melakukan analisis terhadap perencanaan dan hasil pengukuran kinerja, termasuk kemampuan mengolah data dan menyusun laporan hasil evaluasi secara sistematis.
- Terampil mengoperasikan Microsoft Office dan program pengolahan data lainnya yang relevan;
- Mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu bekerja secara mandiri untuk memberikan kontribusi dalam tim; dan
- Memiliki manajemen waktu yang baik, disiplin, cekatan, berorientasi pada hasil, serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
Pendaftaran dibuka pada tanggal 2 sampai 10 Desember 2025 melalui https://bit.ly/SELEKSITABIDANGP2T_2026
Jadwal seleksi
- Pengumuman Seleksi: 1 Desember 2025
- Pendaftaran: 2-10 Desember 2025
- Seleksi Administrasi: 11-15 Desember 2025
- Pengumuman Seleksi Administrasi: 15 Desember 2025
- Seleksi Wawancara: 16-18 Desember 2025
- Pengumuman Seleksi Wawancara: 19 Desember 2025
Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan kerja Bappeda DKI Jakarta ini, Anda bisa mengakses https://s.id/TAP2T2026













