Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Kesehatan Jiwa Peserta PPDS Harus Dijaga

Ilustrasi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Berbasis Rumah Sakit Pendidikan/Hospital Based membuka penerimaan batch pertama.Ilustrasi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Berbasis Rumah Sakit Pendidikan/Hospital Based membuka penerimaan batch pertama. (dok. LPDP)

TopCareer.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menekankan pentingnya kesehatan jiwa bagi para peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Kemenkes sendiri baru saja menginisiasi program residensi dokter spesialis di Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSPPU), yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis di Tanah Air. Adapun, salah satu fokus utama dalam program residensi adalah menjaga kesehatan jiwa dokter.

Dokter dengan kesehatan jiwa yang baik dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien, lebih kecil kemungkinan membuat kesalahan, dan lebih cenderung tidak meninggalkan profesi.

Kemenkes pun menyatakan mereka akan ikut andil dalam memelihara kesehatan jiwa dan membantu membangun resiliensi dokter, karena mereka akan jadi dokter masa depan yang melayani masyarakat.

Baca Juga: Dokter Spesialis Dasar di 285 RSUD Tak Lengkap

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono meyakini, kesehatan jiwa dokter yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita dibentuk untuk menjadi dokter terbaik,” kata Dante dalam sambutannya di Seminar “Shaping the Future through MoH and Accreditation Council of Graduate Medical Education (ACGME) Collaboration in Strengthening Medical Residency Programs in Indonesia”, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Kementerian Kesehatan akan mengupayakan membentuk dokter yang sehat, dan ahli di bidangnya,” imbuh Wamenkes, mengutip laman Sehat Negeriku, Selasa (29/7/2024).

Leave a Reply