Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, October 18, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Sambut Festival Belanja Online, Ini yang Harus Dilakukan Seller E-Commerce

Ilustrasi penjual Lazada mengemas pesanan. (Lazada)

TopCareer.id – Festival belanja online di tanggal-tanggal kembar atau cantik seperti 10.10, sering jadi strategi untuk seller atau penjual di toko daring atau e-commerce, meningkatkan pembelian.

Studi yang dilakukan Populix di 2023 menunjukkan 91 persen masyarakat pernah belanja online saat festival belanja tanggal kembar. Studi yang sama juga menunjukkan 5 dari 10 masyarakat mengatakan pasti akan berbelanja di momen itu.

Berbagai promo dan penawaran yang digelontorkan banyak jenama dan penjual di platform e-commerce jadi salah satu yang menarik pelanggan, untuk mendapatkan barang yang diinginkannya dengan harga terbaik.

Chief Operating Officer Lazada Indonesia, Nicola Jiang dalam eCommerce Expo 2024 beberapa waktu lalu mengatakan, layanan dan operasional yang unggul merupakan landasan untuk pertumbuhan jangka panjang, retensi pelanggan, dan pengembangan bisnis.

Baca Juga: Tips Gaet Hati Pelanggan ala Toko MamaJA

“Karena itulah, sangat penting bagi para brand dan penjual untuk memastikan layanan dan operasional yang unggul, khususnya pada saat musim festival belanja online di mana pasti terjadi peningkatan traffic ke toko,” kata Nicola, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (8/10/2024).

Nicola mengatakan, layanan dan operasional yang unggul bakal berujung pada kepuasan pelanggan, pembelian berulang, ulasan positif, dan terbentuknya kepercayaan dan loyalitas terhadap produk, jenama, atau penjual.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan festival belanja, Nicola pun mengungkapkan beberapa persiapan yang bisa dilakukan pelaku usaha di e-commerce.

Pastikan persiapan yang matang jelang musim festival belanja online

Perencanaan suplai barang dan strategi optimasi produk andalan yang tepat menjadi hal mutlak yang harus dilakukan penjual.

Manfaatkan inventory dashboard yang ada di Seller Center untuk manajemen stok barang secara real time serta mendapatkan data perkiraan permintaan barang.

Setelah memastikan tampilan toko dan juga produk bisa menarik pelanggan, rencanakan pemanfaatan fitur promosi berbayar untuk membantu mempromosikan produkmu secara lebih agresif.

Yang terpenting, tentukan strategi harga yang tepat, yang bisa menarik pembeli namun tetap mempertahankan keuntungan.

Baca Juga: Lazada Hadirkan Pengiriman Ramah Lingkungan

Pastikan layanan dan operasional yang unggul

Untuk memastikan layanan dan operasional tetap unggul selama gelaran festival belanja online, ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh seller yaitu:

  • Optimalkan penggunaan fitur di platform untuk data dan wawasan secara real time.
  • Pemenuhan pesanan akan efisien dengan layanan logistik yang terpercaya. Pilihlah layanan logistik yang bisa membantu sesuai kebutuhanmu.
  • Lakukan strategi promosi dan pemasaran yang efektif. Gunakan media sosial dan platform komunikasi lain yang dimiliki toko, untuk menjadi saluran promosi tambahan. Gandeng influencer juga bisa dipertimbangkan untuk membantu mempromosikan toko.
  • Berpartisipasilah dalam program promosi serta maksimalkan penggunaan fitur di platform e-commerce yang bisa membantu mendorong penjualan.
  • Tingkatkan pengalaman pelangganmu. Balas chat dengan cepat, berikan pesan terima kasih, hingga berikan voucher untuk pembelian berikutnya. Ini bisa jadi langkah penting dalam memastikan kepuasan dan meningkatkan potensi pembelian berulang.

Evaluasi kinerja demi peningkatan kinerja

Setelah satu festival belanja selesai, ini berarti saatnya mempersiapkan untuk momen berikutnya. Di sini, penjual dapat melakukan analisis kinerja yang lalu, serta membangun strategi pemasaran berikutnya. Untuk ini, yang dapat dilakukan antara lain:

  • Evaluasi metriks kinerja pada fitur data dan wawasan yang ada di platform.
  • Pantau rating dan review toko dan produkmu. Penting untuk mengevaluasi perkembangan ulasan toko dan produk, lalu menjadikannya bagian penting dalam menentukan strategi bisnis.
  • Terus libatkan pelanggan dengan kampanye dan penawaran khusus bagi pelanggan loyal tokomu.

Leave a Reply