TopCareer.id -Pertamina mengungkapkan beberapa tips yang bisa dilakukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk mengoptimalkan pemasaran digital atau digital marketing, supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas.
Hal ini diungkap dalam gelaran Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 beberapa waktu lalu.
Menurut perusahaan, dengan pemasaran digital, UMKM diharapkan bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, serta meningkatkan penjualan.
Junior Asisten CSR & SMEPP Management PT Kilang Pertamina Internasional Yoga Pratama mengatakan, marketing digital jadi salah satu skill yang perlu dimiliki para pelaku UMKM.
Salah satu inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya adalah lewat penggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.
“Konsumen Indonesia sudah terbiasa melakukan pembelian produk dengan sistem digital, sehingga mitra binaan Pertamina perlu memperkuat kemampuan dalam pemasaran digital,” ujar Yoga di talkshow Pertamina SMEXPO, mengutip situs resmi.
Baca Juga: Kantor Pusat Pertamina Punya Day Care Buat Dukung Kesejahteraan Anak Pekerja
Ia menyebut, pemasaran produk secara digital terus berkembang. Pelaku UMKM pun bisa menggunakan AI untuk membantu penjualan produk.
Sebagai contoh, alat seperti ChatGPT dapat dipakai pelaku usaha untuk membantu mendeskripsikan produk yang akan dipasarkan.
“Menggunakan Chat GPT, hanya tinggal mengetik saja untuk membuat caption mengenai produk keripik pedas misalnya, maka caption-nya muncul langsung terorganisasi oleh AI,” kata Yoga, dikutip Rabu (30/10/2024).
Selain itu, pelaku UMKM dapat memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memasarkan produknya, di antaranya jam 07.00 WIB, 12.00 WIB, dan 18.00 WIB.
Akan tetapi, kata Yoga, waktu-waktu ini tetap bergerak dinamis, sehingga para pelaku UMKM tetap perlu melakukan analisis data secara berkala, untuk mengetahui jam-jam strategis yang memiliki peluang jumbo.
Baca Juga: 2024, 30 Juta UMKM Ditargetkan ‘Go Digital’
Terakhir adalah melalui tagar di media sosial. Yoga mengatakan, tagar atau hashtag bisa mendorong cakupan tayangan ke sejumlah kalangan.
“Seperti penggunaan hashtag atau tagar, sehingga produk UMKM dapat muncul pada akun media sosial masyarakat ke hashtag yang sesuai,” kata Yoga.
Pertamina SMEXPO merupakan ajang pameran hybrid yang digelar untuk UMKM binaan mengembangkan pasarnya, baik ke masyarakat secara langsung maupun melalui aplikasi digital marketplace SMEXPO.
Pertamina SMEXPO 2024 digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, sejak tanggal 22 hingga 27 Oktober 2024
Pada pameran ini, Pertamina membawa 43 UMKM dari seluruh Indonesia, untuk memasarkan ratusan produk lokal, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan.