Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kasus Corona di India Naik Terus, Taj Mahal Kembali Dibuka

Taj Mahal di India. (dok. Deccan Chronicle)

Topcareer.id – Taj Mahal, salah satu ikon destinasi wisata di India, dibuka kembali pada Senin (6/7/2020) setelah penutupan karena mencegah penyebaran Covid-19 selama 3 bulan. Protokol kesehatan diberlakukan. Pengunjung diharuskan memakai masker setiap saat, menjaga jarak, dan tidak menyentuh permukaan marmernya.

Hanya 5.000 wisatawan akan diizinkan dalam sehari dan dibagi menjadi dua kelompok. Angka itu jauh dari tingkat puncak 80.000 sehari yang akan mengerumuni makam yang dibangun di kota utara Agra oleh kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya.

“Semua monumen dan situs yang dilindungi secara terpusat harus terikat oleh protokol seperti sanitasi, jarak sosial, juga protokol kesehatan lainnya,” kata kementerian pariwisata federal dalam sebuah tweet, dikutip dari laman Channel News Asia.

Baca juga: Kisah WNI yang Alami Lockdown 4.0 di India

Pihak berwenang membuka kembali Taj Mahal dan monumen lainnya, seperti Benteng Merah bersejarah New Delhi, kendati infeksi corona di India meningkat pada laju tercepat dalam tiga bulan.

Pada Minggu (5/7/2020), kementerian kesehatan melaporkan rekor satu hari lonjakan 24.850 kasus baru dan lebih dari 600 kematian, mendorong penghitungan keseluruhan kasus menjadi 673.165, mendekati Rusia, negara yang paling terpengaruh ketiga secara global.

Tetapi pemerintah telah mencabut penguncian besar-besaran atas 1,3 miliar orang di India yang menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan pekerjaan dan menutup usaha.

Baca juga: Langgar Aturan Lockdown di India, Turis Asing Dihukum Menulis Kalimat 500 Kali

Sementara penerbangan internasional tetap ditangguhkan, perjalanan domestik telah dibuka, dan pemerintah berharap pengunjung akan mulai kembali berwisata ke beberapa tujuan populer.

Agra, salah satu kelompok besar pertama virus corona di India, tetap menjadi kota yang paling parah terkena dampaknya di Uttar Pradesh, negara bagian berpenduduk terpadat di negara itu.

“Di sekeliling Taj adalah zona pengurungan,” kata seorang pejabat administrasi distrik setempat, yang meminta anonimitas. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply