Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Eropa Temukan Hubungan Vaksin AstraZeneca dan Risiko Pembekuan Darah

AstraZeneca

Topcareer.id – Regulator obat Eropa menemukan kemungkinan adanya hubungan antara vaksin virus corona yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford serta masalah pembekuan darah yang jarang terjadi, meskipun dikatakan manfaat suntikan masih lebih besar daripada risikonya.

“Pembekuan darah yang tidak biasa dengan trombosit darah rendah akan ditambahkan sebagai efek samping yang ‘sangat jarang’ pada informasi produk vaksin, bersama dengan reaksi merugikan lainnya yang mungkin terjadi,” kata Emer Cooke, Direktur Eksekutif Badan Obat-obatan Eropa (EMA), mengatakan dalam berita yang disiarkan saat konferensi televisi konferensi, Rabu (7/4/2021).

Peringatan itu muncul setelah komite keamanan regulator meninjau kasus pembekuan darah yang sangat jarang terjadi pada beberapa orang yang divaksinasi dengan suntikan Oxford-AstraZeneca.

Sebagian besar kasus terjadi pada wanita di bawah 60 tahun dalam dua minggu setelah suntikan, kata para pejabat. EMA belum mengidentifikasi faktor risiko spesifik yang berkontribusi pada fenomena tersebut.

Baca juga: Survei: Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Tertular Covid-19

Para peneliti juga tidak tahu apa yang secara spesifik menyebabkan penggumpalan darah. Tetapi satu penjelasan yang masuk akal adalah, kata Cooke, bahwa vaksin menyebabkan respons kekebalan pada beberapa orang yang serupa, terlihat juga pada pasien yang diobati dengan heparin, yang disebut trombositopenia yang diinduksi heparin.

“Kasus ini jelas menunjukkan salah satu tantangan yang ditimbulkan dengan kampanye vaksinasi skala besar. Ketika jutaan orang menerima vaksin ini, kejadian yang sangat jarang dapat terjadi yang tidak teridentifikasi dalam uji klinis,” ujar Cooke.

Secara terpisah, regulator obat Inggris mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka juga mengidentifikasi kemungkinan hubungan antara suntikan dan pembekuan darah yang langka.

Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan, atau MHRA, juga mengatakan manfaat vaksin Oxford-AstraZeneca lebih besar daripada risikonya bagi kebanyakan orang.

Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi Inggris mengatakan orang di bawah 30 tahun yang tidak memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya harus mendapatkan vaksin yang berbeda jika memungkinkan.

Leave a Reply