Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, November 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Kemampuan Ini jadi Kunci Tampil Mengesankan saat Rapat

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Sebagai pemimpin, kamu juga perlu menjadi fasilitator. Fasilitator membuat segala sesuatunya berjalan sebagaimana mestinya. Ini keterampilan yang juga dibutuhkan saat meeting kerja. Fasilitator bisa membuat sesuatu terjadi, dan punya peran penting dalam menyatukan orang.

Meskipun kamu tidak berada di level manajerial dalam kariermu, kamu tetap bisa menjadi fasilitator yang efektif. Faktanya, memiliki keterampilan fasilitasi dalam resume, akan membawamu dekat dalam karir.

Apa itu keterampilan fasilitasi?

Fasilitasi adalah tentang mewujudkan sesuatu. Ini mencakup beragam keterampilan yang berkontribusi pada hasil akhir yang lebih kuat, baik itu produk, keterampilan, pertemuan, layanan, atau hal lain.

“Keterampilan ini tidak terbatas pada tempat kerja, meskipun mereka akan membuatmu menjadi pekerja yang lebih baik,” tulis Ladders.

Ada banyak keterampilan yang terlibat dalam fasilitasi yang efektif. Berikut ini beberapa kemampuan yang paling penting.

Perencanaan: Fasilitator harus dapat membuat rencana ke depan untuk memastikan proses berjalan dengan lancar.

Organisasi: Proses ini melibatkan kemampuan untuk tetap teratur dan mampu menangani bagian dan bagian yang bergerak.

Moderasi dan manajemen konflik: Ketika para pihak tidak setuju, fasilitator harus dapat mengarahkan proyek atau berdiskusi dan mengembalikan semuanya ke jalurnya, sambil tetap netral.

Merancang: Fasilitator harus membangun dan merancang proses.

Penetapan tujuan: Kamu harus dapat menentukan dan menetapkan tujuan yang berkontribusi pada hasil yang lebih kuat.

Komunikasi: Komunikasi dalam banyak hal – lisan, tertulis dan mendengarkan secara aktif – sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan.

Empati: empati adalah kualitas yang penting untuk dimiliki, karena fasilitator harus dapat mendengarkan dan mendukung orang lain yang terlibat dalam upaya mereka. Mereka juga harus memastikan setiap orang merasa didengar dan dapat menyuarakan pendapat mereka.

Baca juga: Cara Wanita Mengaplikasikan Sifat Asertif Dalam Kehidupan Profesional

Pengarahan dan manajemen: Fasilitator harus mampu menjadi ujung tombak upaya dan mengelola orang lain dalam upaya mencapai tujuan akhir mereka melalui pendekatan lepas tangan.

Penetapan pedoman: Fasilitator akan menetapkan pedoman untuk mendorong pengambilan keputusan konstruksi.

Manajemen waktu: Dalam peran ini, kamu harus mampu melacak waktu dan mengelolanya secara efisien, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk semua orang yang terlibat dalam upaya yang lebih besar.

Fleksibilitas: Bagian dari fasilitasi melibatkan mengetahui kapan dan mampu mengubah arah ketika situasi membutuhkannya – dengan kata lain, memahami bahwa tidak semuanya ditetapkan secara kaku.

Manajemen proyek: Dari penetapan agenda hingga pemantauan kemajuan secara ketat, manajemen proyek adalah keterampilan penting bagi fasilitator, yang harus tetap terlibat dalam upaya.*(Feb)

Leave a Reply