Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Monday, November 25, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Yang Harus Dilakukan saat Menerima Peringatan Kerja di Kantor (Bagian 1)

Sumber foto: letstalkmanagement.com

Topcareer.id – Saat kamu menerima surat peringatan di tempat kerja baik itu lisan atau tertulis, kamu harus menanggapinya dengan sangat-sangat serius.

Peringatan adalah tanda bahwa atasan dan perusahaan sangat tidak senang dengan pekerjaan yang sudah kamu lakukan.

Tak hanya soal pekerjaan, peringatan keras lisan maupun tertulis juga kerap kali muncul akibat perilaku yang tidak baik.

Ini yang perlu kamu ketahui bagaimana merespons ketika kamu menerima peringatan baik itu lisan atau tertulis.

Bagian pertama dari artikel:

Menerima peringatan bisa terasa mengejutkan, menghancurkan, dan seringkali tidak adil. Bagaimana kamu harus menanggapinya?

Tetap tenang
Selama pertemuan untuk membahas peringatan yang tertuju kepadamu dan setelahnya, lakukan yang terbaik untuk menghindari menangis.

Jaga diri jangan sampai kamu meninggikan suara atau menunjukkan kemarahan yang ekstrem.

Buat catatan
Ini dapat membantumu tetap tenang, buatlah catatan selama rapat apa pun tentang peringatan tersebut.

Dengan begitu kamu akan membantu mengingat dengan tepat apa yang dikatakan atasan.

Poin penting yang harus diperhatikan dalam catatanmu adalah mengapa kamu menerima peringatan ini.

Dari catatan tersebut kamu bisa memikirkan tindakan apa yang bisa kamu ambil ke depannya untuk memperbaiki situasi.

Membela diri dengan profesional
Apakah kamu tidak setuju dengan peringatan yang ditujukan kepadamu? Jika iya, kamu berhak berbicara selama pertemuan untuk membela diri.

Ini adalah situasi yang sulit, kamu ingin membela diri namun jangan sampai terlalu tampak defensif. Itu tidak mudah!

Pertahankan dirimu pada argumen terbaik yang bisa membantumu, tetapi kamu juga dapat tetap diam dan beri diri waktu untuk mengumpulkan pikiran.

Baca juga: Keterampilan Adaptasi Penting Lho Untuk Sukses di Tempat Kerja

Tanyakan apa yang bisa kamu lakukan secara berbeda
Sebelum meninggalkan rapat atau menandatangani pemberitahuan surat peringatan, kamu harus memastikan bahwa kamu memahami kesalahanmu.

Kamu juga harus tahu perilaku apa yang benar di masa mendatang.

Tindak lanjuti dengan sanggahan tertulis
Apakah kamu merasa peringatan itu tidak pantas? Kamu bisa menulis surat bantahan tertulis. Dalam surat tersebut, kamu harus membuat kasus untuk membela diri.

Misalnya, jika kamu terlambat bekerja, tetapi kamu telah meminta dan menerima izin untuk melakukannya, cetak email dari atasan sebagai bukti.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply