Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Keterampilan Adaptasi Penting Lho Untuk Sukses di Tempat Kerja

Topcareer.id – Apakah kamu fleksibel dan mau belajar? Apakah kamu mau menerima perubahan di tempat kerja dengan cara yang positif?

Lalu, apakah kamu mampu mencoba hal-hal baru dan menangani alur kerja yang berbeda? Jika demikian, kamu telah menunjukkan kemampuan beradaptasi.

Kemampuan beradaptasi yang baik merupakan salah satu keterampilan dalam kepemimpinan yang paling dicari.

Pemimpin yang dapat beradaptasi dengan perubahan memiliki motivasi, tidak mudah putus asa, dan biasanya lebih kreatif daripada rata-rata karyawan.

Baca Juga: Skill Adaptasi Paling Penting di Tempat Kerja (Bagian-1)

Skill Adaptasi Paling Penting di Tempat Kerja (Bagian-2)

Kemampuan beradaptasi dalam manajer proyek, misalnya, mencerminkan kemampuan manajer untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang bergerak dari suatu proyek dan memberikan produk atau layanan berkualitas secara tepat waktu.

Pentingnya memiliki kemampuan beradaptasi itu karena seiring berkembangnya teknologi baru, perusahaan yang masih ‘old skool’ mungkin akan mengalami kesulitan bersaing dengan pemain utama dalam industri mereka.

Pengusaha akan selalu mencari karyawan yang dapat menunjukkan kemampuan beradaptasi yang kuat dan menjadi pemimpin perusahaannya.

Itulah sebabnya keterampilan beradaptasi ini sangat dibutuhkan dan akan membantumu baik untuk mendapatkan pekerjaan maupun promosi di kantor.

Baca juga: Mau jadi Pemimpin? Ini 10 Kualitas dan Keterampilan yang Harus Dimiliki

Apa Itu Keterampilan Adaptasi?
Kemampuan beradaptasi di tempat kerja berarti menjadi fleksibel dan mampu berubah untuk menjadi sukses.

Ini merupakan soft skill yang sangat dicari perusahaan saat merekrut kandidat.

Karyawan dalam peran kepemimpinan sering kali harus mengelola keadaan yang tidak biasa di mana tidak ada instruksi eksplisit.

Mereka harus belajar bagaimana bersandar pada penilaian mereka sendiri dan memiliki kepercayaan diri untuk membuat keputusan sulit.

Jika kamu adalah orang yang cepat belajar, itu karena kamu tahu bagaimana beradaptasi.

Dengan mencoba hal-hal baru dan menantang untuk memecahkan masalah dalam berbagai keadaan bisa meningkatkan kemampuan adaptasi kamu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan