Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Coba Hidup Sehat di Kantor Mulai Sekarang

Ilustrasi
Views

TOPCAREER.ID – Banyak cara untuk menerapkan hidup sehat di mana pun dan kapanpun, tak terkecuali di kantor. Buat menerapkan gaya hidup sehat juga tak harus mahal. Ada jalan yang lebih murah dan tentunya mudah agar bisa sehat bugar terhindar dari penyakit saat bekerja di kantor, apa aja? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari Forbes.

1. Makan-makanan bergizi seimbang

Penerapannya sangat mudah dengan memakan makanan yang bergizi seimbang dan tidak berlebihan atau istilah kekiniannya clean eat. Gizi seimbang yaitu harus memenuhi unsur karbohidrat, protein, serat, dan vitamin. Makanlah dalam porsi yang secukupnya, intinya jangan terlalu berlebihan agar berat badanmu juga terjaga.

Makanan gizi seimbang gak cuma bikin kamu sehat, tapi juga bisa bikin hidup irit, kalau dibawa dari rumah. Kelebihannya, bekal menunya bisa dikreasikan sendiri dan yang pasti kebersihannya juga terjaga.

2. Perhatikan asupan minuman selama di kantor

Minuman yang dikonsumsi ternyata juga penting dalam penerapan gaya hidup sehat di kantor. Perhatikan berapa banyak jumlah gula yang masuk ke tubuh, termasuk dari minuman. Hal ini bikin risiko terkena diabetes akan semakin tinggi.

Perbanyaklah minum air mineral dan jangan sampai dehidrasi. Terlalu sibuk bekerja memandangi layar komputer kadang bikin kita lupa sama asupan air.  Satu lagi, batasi jumlah kafein khususnya di waktu menjelang sore hari. Kafein bakal membuat kamu terjaga selama 8 – 10 jam ke depan pasca mengkonsumsi. 

3. Lebih banyak bergerak

Pegawai kantoran lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat duduk, mulai dari pagi hari, hingga sore hari. Kebiasaan ini ternyata tidak baik buat kesehatan.Banyak berbagai penyakit-penyakit berbahaya yang muncul akibat kebanyakan duduk, seperti misalnya diabetes, jantung, dan hipertensi. 

Menurut penelitian seperti dikutip dari Forbes juga menilai kebanyakan duduk bisa mengakibatkan metabolisme melambat 90 persen setiap kali duduk lebih dari 30 menit. Sementara kalau duduk selama lebih dari dua jam, bisa bikin kolesterol baik berkurang selama 20 persen. Supaya lebih sehat bergeraklah setelah 60 menit duduk. 

4. Manfaatkan teknologi yang ada

Kini sudah banyak aplikasi-aplikasi di ponsel pintar yang membantu mengukur jumlah kalori yang kamu makan, seperti contohnya MyFitnessPal yang bisa menghitung kalori hanya dengan scan barcode di kemasan makanan.

Atau kalau mau yang lebih murah lagi bisa membeli perangkat canggih seperti jam tangan, yang bisa menghitung berapa langkah kaki kamu dan tekanan jantung.

Leave a Reply