Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Agustus 1, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mengubah Ketakutan Terbesar Menjadi Kekuatan Berkarir

TOPCAREER.ID – Merasa canggung bicara di depan banyak orang? Tiba-tiba keringat mengucur deras dan kamu diserang rasa panik. Apa yang kamu mau ucapkan mendadak buyar, bicara jadi terbata-taba. Pernah mengalami hal itu? Jangan terlalu cemas. Kamu tak sendirian.

Menurut hasil studi 73 persen dari populasi dihinggap rasa cemas saat bicara di depan umum. Rasa takut itu utamanya timbul karena takut dijauhi teman, kolega, atau orang lain.

Seperti di zaman batu, orang yang sukses adalah mereka yang dapat makan, tidur dan berburu makan bersama manusia lain dalam satu kelompok. Jiika tidak dapat bergabung dengan kelompok berarti mati. Sampai sekarang kita belum lepas dari pola hidup tersebut. Alam bawah sadar kita menciptakan keyakinan yang memacu ketakutan kita. Keyakinan negatif inilah yang antara lain dialami Randy Paynter, pendiri dan CEO of Care2 saat menuliskan tips karir di laman Entrepreneur.com. Ketika kecil, ia anak yang pemalu. Yang ada di pikirannya, “Jika saya mengatakan hal bodoh, maka orang lain akan berpikir saya bodoh dan tidak berguna”.

Masalah kepercayaan negatif ini justru membatasi potensi yang kita miliki. Hal itu mempunyai kekuatan untuk mengarahkan atau membatasi tindakan yang kita ambil, menentukan tujuan yang akan kita ikuti.

Padahal jika kita mengenali keyakinan yang membatasi diri kita, kita dapat mengarahkannya menjadi hasil yang positif. Banyak orang yang telah mencoba melakukan hal itu, berikut adalah beberapa contoh untuk membuat kamu termotivasi.

dok. shutterstock

Mendobrak Batasan Umum
Salah satu cerita orang yang dapat menghancurkan keyakinan yang membatasi dirinya adalah, Roger Bannister Shattered, beliau berhasil mematahkan asumsi orang umum yang menyatakan tidak ada manusia yang dapat berlari 1 mil (sekitar 1,6 kilometer) dalam waktu 4 menit. Bannister berhasil berlari 1 mil dalam waktu 3 menit 59,4 detik. Setelah ia berhasil, para pelari lain termotivasi dan menyadari bahwa mereka juga akan bisa mengikuti jejak Bannister.

Bayangkan batasan macam itu menjadi hambatan karir kamu. Batasan yang kamu anggap mustahil dipecahkan bisa bermacam-macam, entah deadline pekerjaan, target pendapatan, maupun pencapaian pribadi. Itu sebabnya sangat penting mengenal batasan umum dan menantangnya.

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan