Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Genjot Kualitas Tenaga Kerja, Kemnaker Jalin Kerjasama Pelatihan Bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar

Foto : Dok.Kemnaker

TOPCAREER.ID – Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan mismatch (ketidaksesuaian) antara keterampilan pekerja dengan kebutuhan dunia Industri, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan, menjalin kesepakatan dengan PT Quantum Job.

Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pekerja yang akan berkerja di perhotelan maupun kapal pesiar melalui penyelenggaraan pelatihan di Balai Latihan Kerja Lombok Timur.

“Balai latihan Kerja Lombok Timur kita fokuskan dalam bidang pariwisata, dengan kerjasama ini  kami berharap kualitas pelatihan disana akan menjadi lebih baik lagi, makin sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh industri perhotelan dan kapal pesiar,” kata Direktur Jenderal Binalattas Kemenaker Bambang Satrio Lelono, di Jakarta, seperti dikutip dari laman Kemnaker, Rabu (21/8/2019).

Selain itu, lanjut Dirjen Bambang, melalui kerjasama ini lulusan peserta pelatihan akan ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja terampil sesuai standar yang diminta. Dengan begitu diharapkan penyerapan tenaga kerja terampil akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Pelatihan ini terbuka bagi masyarakat secara luas, tidak terbatas masyarakat di Lombok Timur saja. Tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis. Setelah selesai pelatihan mereka akan mengikuti magang dan akan di uji kompetensi serta mendapat sertifikat kompetensi,” kata Dirjen Satrio.

Sertifikasi kompetensi dilakukan oleh lembaga independen, setelah lulus mereka akan mendapat sertifikat pelatihan, sertifikat magang dari tempat kerja dan sertifikat profesi yang berlaku di seluruh ASEAN. Bagi masyarakat yang berminat mendaftar pelatihan di BLK Lombok Timur dapat mendaftar secara online di link berikut : http://www.kios3in1.net/blklomboktimur/2pelatihan.php

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply