Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Sebelum Resmi Jadi Masinis KA, Jadi Asisten Dulu

Views

TOPCAREER.ID Menjadi masinis kereta api kini terlihat keren. Seragam masinis persis pilot pesawat terbang, lengkap dengan topinya. Selain keren, profesi masinis juga punya tanggung jawab besar. Sekali mengemudikan kereta, ratusan orang menggantungkan nyawa padanya.

Itu sebabnya jalan untuk mengemudikan kereta api tak semudah jadi pengojek atau sopir angkot. Setelah dinyatakan lulus pendidikan, para calon masinis sudah pasti didinaskan bersama masinis dalam satu kabin sebagai asisten masinis.

Duet maut di dalam kabin masinis ini bisa berlangsung selama 1 tahun bagi asisten masinis kereta Commuterline.

Selayaknya asisten, ia akan membantu beragam kegiatan seorang masinis selama berada dalam kabin. Bahkan, jam kerjanya pun tak jauh berbeda. Asisten masinis sudah harus dituntut bekerja layaknya masinis resmi.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh salah seorang masinis kereta Commuterline, Roni Raisman kepada TopCareer.id. Menurut Roni, asisten masinis itu ibarat orang kedua dalam perjalanan kereta setelah masinis tentunya.

“Apapun yang masinis butuhkan akan dilakukan asisten, dan tugas-tugas asisten akan dilakukan, seperti tunjuk sebut sinyal. Itu dilakukan oleh asisten kemudian diulangi oleh masinis, jadi dua orang yang melakukan biar lebih yakin kan,” kata Roni melalui sambungan telepon.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply