Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Resep Jaga Kualitas Suara ala Dubber Profesional

Views

TOPCAREER.ID Suara adalah emas, mungkin istilah itu tak hanya diperuntukkan bagi seorang penyanyi, namun juga bagi penyulih suara atau dubber. Menjaga kualitas suara menjadi penting, baik yang baru terjun, maupun yang sudah berpengalaman. Ada resep menjaga suara agar suara merdunya konsisten.

Sering latihan membaca naskah, menjaga asupan makanan, hingga olahraga, jadi resep para dubber dalam menjaga konsistensi suara yang baik. Yang paling penting, kata Dubber dan Voice Over Profesional, Tisa Julianti, sering-sering latihan membaca naskah.

Tisa yang sudah 26 tahun berkarier di bidang voice over ini pun masih sering latihan membaca naskah demi memperlancar pekerjaannya.  Untuk pemula atau yang masih mengawali karier sebagai dubber, olahraga penting untuk menjaga stamina, begitu pula latihan membaca naskah yang bisa dilakukan setiap hari.

“Baca naskah tiap hari itu penting banget sih karena lama-lama akan melatih mainnya kita, tadinya misalnya datar (suaranya), lama-lama kalau sering latihan jadi lebih ekspresif. Eksplorasi sendiri aja,” ujar Tisa kepada TopCareer.id.

Selain melatih bagaimana meningkatkan suara dalam ber-acting, latihan membaca naskah juga mampu melatih kekuatan atau stamina jika diharuskan dubbing dalam durasi yang panjang. Untuk itu, olahraga juga perlu, terutama untuk melatih pernapasan.

Karena, lanjut Tisa, jika stamina menurun selama dubbing, maka suara akan cepat berubah dan tidak konsisten.

“Dari awal sampai akhir seperti itu, gabisa di tengah2 lemes. Apalagi ditututt untuk sekali dateng berapa episode, itu baru satu film, belum film lainnya. Karena kalau capek kedengeran, perubahan usara, kecapean jadi agak ngebass,” sambung Tisa yang sering dubbing untuk karakter Princess Disney.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply