Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Hal Wajib Ada dalam Resume Kamu

Views

TOPCAREER.ID Setelah menyelesaikan sekolah atau kuliah, tiba saatnya kamu masuk ke dalam dunia kerja yang lebih profesional. Masuk ke dunia kerja tentu butuh resume yang baik dan meyakinkan. Namun, bagaimana membuatnya?

Seperti resume pada umumnya, hampir pasti ditulis dan dirangkum dalam satu halaman. Nah, masalahnya, nggak sedikit orang yang bingung poin mana saja yang perlu dimasukkan dalam resume, mengingat banyaknya pengalamanmu di luar sana, entah pekerjaan non-formal atau pengalaman organisasi.

Tenang, berikut beberapa hal yang penting untuk kamu masukkan dalam resume, seperti dilansir Kalibrr:

Data diri yang jelas
Nama, alamat, nomor telepon, email, dan sedikit cerita tentang dirimu perlu banget untuk diasukkan dalam resume. Hal ini biar rekruter tahu dan kenal siapa dirimu. Nggak usah panjang-panjang, 2-3 kalimat tentang dirimu sudah cukup, kok.

Riwayat Pendidikan
Jika kamu fresh graduate yang baru saja lulus dan belum punya pengalaman profesional, memasukkan riwayat pendidikan boleh banget. Tapi nggak perlu banyak-banyak, cukup Pendidikan terakhir kamu saja, yah.

Karir dan pencapaian
Mau kamu sudah banyak pengalaman atau belum, informasi soal karir dan pencapaian penting banget untuk kamu tulis. Nah, kalo pengalaman kamu segambreng, cukup masukkan 1-3 pencapaian besarmu saja. Yang penting cukup relevan dengan keahlianmu, dan profesi yang kamu ingin lamar.

Hard skill kamu
Karena soft skill kamu biasanya akan banyak diulas saat interview, maka informasi tentang hard skill kamu lebih perlu untuk dimasukkan ke dalam resume. Tulis aja beberapa hal yang paling kamu kuasai, dan kamu sukai. Nggak usah semuanya yah, ini nulis resume bukan biografi.*

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply