Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

3 Hal yang Diinginkan Karyawan dari Atasannya

Views

TOPCAREER.ID Kamu sedang berada di posisi leader dari sebuah team? Tahukah kamu apa saja yang sebetulnya diinginkan oleh para bawahan yang kamu pimpin?

Kepemimpinan yang baik bukan hanya berorientasi pada hasil. Namun kamu juga harus tahu bahwa team yang kamu pimpin memiliki keinginan yang mungkin mereka sungkan untuk menyampaikannya.

Situs Talentleader.com merangkum ada tiga hal utama yang kebanyakan diinginkaan atau diharapkan karyawan dari atasannya.

Ekspektasi atau harapan yang jelas
Untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang baik kamu harus memberi harapan yang jelas kepada para karyawan dalam team yang kamu pimpin. Di sini perlunya skill komunikasi yang baik. Sampaikan dengan jelas pada team kamu apa yang kamu harapkan dari mereka.

Komunikasikan dan delegasikan tugas yang jelas kepada masing-masing individu, agar mereka bisa bekerja sesuai alur dan harapan yang kamu percayakan pada mereka. Dan bantu mereka untuk bisa bersama meraih harapan yang kamu inginkan.

Feedback atau umpan balik
Setiap karyawan pasti bekerja sesuai dengan apa yang didelegasikan atasannya. Di sini atasan harus aktif memberi feedback atas apa yang mereka sudah kerjakan. Feedback sangat diperlukan dalam bekerja dalam sebuah team. Karena dari feedback bisa diketahui mana hal yang harus dikoreksi. Untuk menyampaikan feedback yang baik harus memperhatikan timing yang tepat, jujur, spesifik, dan dapat ditindaklanjuti.

Cari waktu yang baik untuk menyampaikan feedback kepada karyawan. Hal ini bertujuan agar karyawan yang kamu pimpin tidak mudah merasa tersinggung apabila feedback yang hendak disampaikan merupakan sebuah koreksi. Sampaikan dengan jujur dan spesifik apa saja feedbacknya, sehingga feedback yang disampaikan sama-sama bisa ditindaklanjuti bersama.

Mengurangi hambatan kerja
Semua anggota team pasti mewujudkankan kinerja dengan hasil yang baik. Kamu sebagai atasan dituntut untuk bisa membantu mereka melewati hambatan-hambatan kerja. Kamu harus bisa memelihara atmosfer kerja yang positif, bantu mereka untuk melewati pengaruh-pengaruh negatif yang bisa menurunkan produktivitas kerja. Tingkatkan perhatian pada bawahan. Jangan ragu untuk mendaftarkan mereka pada seminar atau pelatihan yang terkait dengan pengembangan karir mereka.

Jika kamu menjalankan ketiga hal ini dengan baik. Bisa dipastikan perjalanan team yang kamu pimpin akan maju dan berkembang. Dan kamu pun bisa menjadi atasan yang menyenangkan bagi mereka. Bahkan bisa menjadi role model yang menginspirasi para karyawan yang kamu pimpin. Bawahan kamu termotivasi untuk berkembang dan menjadi atasan yang baik sepertimu.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply