Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hal Sepele Ini Bisa Merusak Masa Depan Kariermu

TOPCAREER.ID Tidak menyebut nama dengan benar dalam pertemuan bisnis bisa bikin kariermu hancur. Mungkin kamu menduga ini merupakan hal sepele, padahal identitas diri merupakan informasi yang penting.

“Identitas adalah informasi penting untuk konteks dalam situasi bisnis apapun,” seperti yang dikatakan oleh Suzy Welch, kontributor CNBC sekaligus penulis manajemen terlaris kepada CNBC Make It.

Welch, seorang pelatih karier, mengatakan hal itu membuatnya gila ketika orang-orang gagal menyebutkan nama lengkap mereka selama perkenalan. Tapi yang lebih buruk, kesalahan ini bisa menghambat kemajuan profesional kamu.

“Tidak menyebutkan nama lengkap Anda di awal pertemuan bisnis pada dasarnya mengumumkan, ‘Saya tidak masalah,’ atau ‘Saya kurang percaya diri’ – atau keduanya.”

Welch mengatakan perkenalan yang gagal bukan hanya “racun kesan pertama”, tetapi bisa menjadi pembunuh karier. Karena siapa yang mau mendengarkan seseorang yang tidak percaya pada diri mereka sendiri?

Ini pertama kali ditunjukkan kepadanya 10 tahun yang lalu, ketika penulis buku terlaris dan penasihat keuangan Suze Orman memarahinya karena membuat kesalahan ini selama pidatonya. Welch mengatakan bahwa setelah dia meninggalkan panggung, Orman meraihnya dan berkata, “Kamu tidak menyebut namamu!”

Welch memprotes bahwa dia diperkenalkan, tetapi Orman mengatakan itu tidak masalah. “Bahkan ketika kamu berpikir orang tahu siapa kamu, sebutkan namamu – baik yang pertama maupun yang terakhir. Milikilah namamu dan kamu yang memiliki kesempatan itu.”

Dia mengingat nasihat Orman. Baru-baru ini, Welch menghabiskan satu hari melatih mahasiswa MBA. Acara itu termasuk tanya jawab, dan Welch mengatakan dia menyaksikan orang demi orang mengambil mic, lalu langsung mengajukan pertanyaan tanpa menyebutkan nama.

Ketika setiap mahasiswa maju, dia duduk di sana berpikir, “Siapa yang akan mempekerjakanmu jika kamu bahkan tidak bisa memperkenalkan diri dengan benar?”

Jadi, ayo jangan lupa memperkenalkan diri dengan benar.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply