Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Istri Bekerja, Suami Wajib Bantu Tugas di Rumah

Topcareer.id Istri atau ibu yang bekerja punya peran ganda dalam rumah tangga. Selain berperan sebagai istri dan ibu di rumah, ia juga ikut dalam membantu keuangan keluarga. Ternyata ibu yang bekerja akan lebih bahagia ketika didukung oleh suami sehingga menciptakan keharmonisan keluarga.

Di buku Marriages & Families: Intimacy, Diversity, & Strengths (2008) dibahas tentang beban ganda perempuan. Meski ayah dan ibu bekerja, ibu dua pertiga lebih banyak mengerjakan tugas rumah serta 2 kali lebih banyak menghabiskan waktu mengasuh anak dibanding ayah.

“Jadi, support dari pasangan ketika ibu bekerja itu penting. Pastikan ketika istri atau ibu bekerja, suami tidak menyalah-nyalahkan,” kata Psikolog Keluarga dan Remaja Roslina Verauli ketika ditanya TopCareer.id soal keterkaitan ibu yang bekerja dengan keharmonisan rumah tangga.

Jika memang seorang istri atau ibu bekerja, suami perlu mengimbangi dengan ikut membantu tugas di rumah. Verauli menambahkan, itu yang namanya gender partnership atau kesetaraan gender.

Verauli menyampaikan, dobel peran yang dilakukan oleh ibu bekerja ini juga bisa memunculkan kekhawatiran kesenjangan gender.

“Jadi peran ganda yang dimainkan istri, peran suami malah nggak dapet. Nah, jadi apa yang bisa dilakukan ketika ibu bekerja yang sama seperti ayah, artinya si ayah harus sadar ada peran-peran lain yang butuh dikerjakan bersama,” tutur Vera.

Namun, Vera mengingatkan kerjasama antar gender atau gender partnership ini bukan berarti menganut free gender yang tidak mengakui adanya perbedaan gender.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply