Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, September 20, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Keuntungan Bergabung dengan Komunitas Profesional

Views

Topcareer.id Banyak cara untuk bisa menambah pengalaman dan memperluas ilmu yang kita punya. Salah satunya membangun usaha sendiri menjadi entrepreneur dan bergabung dengan komunitas profesional.

Banyak komunitas yang menawarkan beragam manfaat jika kita bergabung di dalamnya. Meski tidak mungkin bergabung dengan semua komunitas yang ada, kita bisa pilih komunitas yang sesuai dengan minat dan tujuan. Pilihlah yang bisa membawa dampak positif bagi perkembangan diri.

Sebagian orang masih ada yang ragu untuk ikut dalam sebuah komunitas. Bahkan masih ada yang berpikiran negatif mengikuti komunitas hanya akan membuang-buang waktu. oleh sebab itu
kita harus jeli memilih komunitas yang akan kita ikuti.

Apa saja keuntungan bergabung dengan sebuah komunitas profesional? Dilansir entrepreneur.com, Rabu (28/08/2019), berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  1. Mendapat akses banyak sumber daya. Jika kamu sedang memulai sebuah usaha, akan sangat penting bagi kamu untuk bisa memperoleh sumber daya yang bisa memenuhi kebutuhan usaha yang sedang kamu jalankan. Dalam komunitas profesional entrepreneur banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan melalui networking dalam komunitas. Jika beruntung kamu bisa mendapat sumber daya yang bisa membantu modal usaha kamu.
  2. Bertemu orang dengan minat sama. Komunitas profesional di luar kantor bisa membantumu terhubung dengan banyak orang dengan minat yang sama. Ini bisa memberi keuntungan bagi kamu jika suatu saat kamu jatuh dan kamu memerlukan bantuan. Mereka bisa membantumu mengatasi masalah.
  3. Brand usaha kamu bisa dipromosikan. Hal ini penting bagi pengembangan bisnis yang sedang kamu jalankan. Setiap anggota komunitas biasanya akan dengan sukarela menyebarkan informasi mengenai usaha kamu kepada networking mereka. Keaktifan kamu dalam bersosialisasi dalam komunitas akan berdampak baik dan bisa meningkatkan visibilitas dirimu dan brand usaha kamu.
  4. Mendapat perspektif baru. Saat kamu bergabung ke dalam sebuah komunitas profesional tentunya kamu akan mendapatkan sebuah cara pandang baru. Ini akan menambah tingkat kreatifitas kamu dalam mencari ide-ide terbaik untuk pengembangan usaha kamu.
  5. Mendapat mentor baru. Di jaman sekarang banyak sekali mentor-mentor yang mengajarkan ilmu dalam mengembangkan usaha-usaha. Tentuilmu semacam ini tidaklah bisa didapat dengan harga murah. Dalam komunitas profesional kamu akan bisa mendapat banyak mentor yang akan berbagi ilmu kepada kamu secara cuma-cuma.
  6. Mengembangkan bisnis. Dalam berhubungan dengan para anggota komunitas kita pasti akan saling bertukar beragam informasi mengenai usaha kita dan mereka. Manfaatkan momen ini untuk saling membantu dan mempromosikan produk yang kita dan mereka akan pasarkan. Akan lebih banyak prospek, penjualan, dan pendapatan dalam bergabung di komunitas profesional.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply