Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pilihan Font yang Paling Baik untuk Resume

Font resume yang baik.

Topcareer.id Resume atau curriculum vitae (CV) yang baik, tentu yang bisa menarik mata para tim HRD (human resources department) dalam hitungan detik. Nah, pemilihan font juga ikut andil menentukan apakah CV yang kamu kirim itu bisa dibaca oleh perekrut atau tidak.

“Kami hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama, jadi ketika seseorang membuka (resume), delapan atau sembilan detik pertama adalah kesan pertama. Jika font itu tidak menarik dan enak dilihat, orang itu meng-klik dokumen dan kandidat lain,” kata Pelatih Karier, Steven Davis dalam Business News Daily.

Nah, berikut beberapa jenis font yang dianggap paling baik untuk CV atau resume menurut beberapa ahli karier.

  1. Calibri
    Setelah menggantikan Times New Roman sebagai font default Microsoft Word, Calibri adalah pilihan yang sangat baik untuk font sans-serif yang aman dan dapat dibaca secara universal. Davis mendeskripsikan tipenya sebagai “font of choice” ketika bekerja dengan klien.
  2. Cambria
    Jenis huruf ini dirancang untuk memudahkan membaca di layar dan terlihat bagus saat dicetak dalam ukuran kecil. Christian Eilers, seorang ahli resume di Zety, mengatakan bahwa font itu adalah pilihan yang bagus untuk resume dan surat pengantar, meskipun itu sering dianggap opsi yang lebih tradisional.
  3. Garamond
    Pencari kerja yang mencari font gaya lama mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan Garamond pada resume mereka. Menurut Cleverism, jenis huruf ini adalah pilihan bagus untuk resume akademik dan bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun.
  4. Didot
    Jika kamu bekerja di industri kreatif seperti mode atau fotografi, kamu dapat memamerkan gaya dan kecanggihan Anda dengan Didot. Namun, penulis Janie Kliever memperingatkan para pencari kerja, font ini akan tampil paling baik pada ukuran yang lebih besar, misal untuk judul di resume.
  5. Georgia
    Sebuah infografis Colorado Technical University di Mashable direkomendasikan menggunakan Georgia karena keterbacaannya. Font ini dirancang untuk dibaca di layar dan tersedia di komputer mana pun.
  6. Helvetica
    Font bersih, modern, sans-serif ini adalah favorit di kalangan desainer dan tipografi. Helvetica muncul dalam berbagai logo merek perusahaan (Jeep, Panasonic, dan Lufthansa). Dalam sebuah artikel tentang Bloomberg Business, pakar tipografi Brian Hoff dari Brian Hoff Design mendeskripsikan font ini sebagai profesional, ringan dan jujur.
  7. Arial
    Jika kamu ingin menggunakan font sans-serif, Arial dianggap oleh banyak orang sebagai taruhan teraman. Barbara Safani, penulis resume eksekutif, pelatih karier, mengatakan kepada AOL Jobs bahwa dia suka melihat huruf Arial karena garisnya bersih dan mudah dibaca.
  8. Book Antiqua
    Berdasarkan font Palatino klasik, Book Antiqua memiliki gaya “khas dan lembut” yang sangat bagus untuk orang yang ingin menggunakan font serif tanpa harus bergantung pada Times New Roman yang sering disalahartikan.
  9. Trebuchet MS
    Pencari kerja yang menginginkan jenis huruf sans-serif tetapi tidak ingin menggunakan Arial atau Verdana dapat beralih ke Trebuchet MS. Menurut ZipJob, font ini dirancang khusus agar tampil baik di layar. Ini juga sedikit lebih bertekstur dan modern daripada banyak font resume tradisional.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply