Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 31, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Syarat Jadi Air Traffic Controller: Tak Cuma Modal Pintar

Topcareer.id Hanya orang-orang terpilihlah yang mampu menjalani beban tanggung jawab menjadi seorang Air Traffic Controller (ATC) atau pengatur lalu lintas udara di perusahaan navigasi sekelas AirNav Indonesia. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi ATC berkualitas.

Tak hanya pintar secara akademis serta memiliki riwayat kesehatan yang bagus, seorang ATC juga bakal diuji soal bagaimana interaksi sosial dan komunikasinya. Biasanya tes ini terangkum dalam tahap seleksi wawancara menjadi ATC.

“Harus bisa bersosialisasi, berinteraksi, nggak hanya pintar saja. Pada saat wawancara itu disinggung-singgung, kalau egonya tinggi nggak diterima meski pintar,” kata Budi Hendro Setiyono, Kepala Sekolah Indonesia Aviation School kepada TopCareer.id.

Budi yang pernah menjabat sebagai General Manager Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) AirNav Indonesia ini mengatakan, percuma jika hanya pintar tapi tidak bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik karena inti dari pekerjaan ATC itu berkaitan dengan bidang-bidang lainnya, terlebih dengan pilot.

Tinggalkan Balasan