Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, November 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Ini Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan. Untuk mendapat konfirmasi yang jelas, bertanyalah kembali pada orang yang kamu ajak bicara. Tujuannya agar informasi yang didapat dari lawan bicara lebih akurat.

Jangan suka memotong pembicaraan orang dan memberi penilaian yang menjatuhkan. Tidak ada orang yang suka saat sedang berbicara menjelaskan sesuatu lalu dipotong begitu saja. Ini bisa menyebabkan gagalnya komunikasi dan menimbulkan konflik. Setiap orang memiliki kekurangan, berilah kritik dan saran yang baik, jangan beri judgement yang menjatuhkan.

Bertindak asertif dan buat batasan. Komunikasi dua arah yang baik selain saling menjaga perkataan juga dengan tidak membuat pernyataan yang menekan lawan bicara. Ciptakan batasan agar saat bicara tidak berlebihan.

Saat kamu menguasai cara-cara di atas, kamu akan mendapatkan efek yang baik dan skill kamu dalam berkomunikasi lebih meningkat. Bisa kamu coba terapkan dalam dunia karir profesionalmu ataupun di bidang entrepreneurship.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply