Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Lancar Interview Kerja? Hindari Kesalahan Umum Ini

Topcareer.id Banyak orang sering mengalami kegagalan dalam interview kerja. Seringkali kesalahan saat interview dilakukan tanpa disadari. Proses interview pekerjaan memang sangat tricky. Diperlukan persiapan matang untuk menjalaninya.

Apa saja kesalahan umum yang bisa menyebabkan kegagalan saat interview kerja? Melansir Thebalancecareers.com ada berikut beberapa kesalahan umum dalam interview kerja agar bisa dihindari.

  1. Berpakaian tidak pantas
    Saat interview kerja penampilan sangat penting untuk memberi kesan yang baik. Harus terlihat profesional. Memang posisi yang dilamar pasti beragam. Sesuaikan kostum dengan posisi yang dilamar. Sekalipun melamar di perusahaan startup yang kostum kerjannya kasual, buatlah tampilan kasual terkesan profesional.
  2. Datang terlambat
    Setiap orang tahu bahwa kesan pertama saat interview kerja sangat penting. Datang terlambat saat interview membuat kesan pertama menjadi buruk. Selain menunjukan manajemen waktu yang tidak baik, tetapi juga menunjukan sikap kurang hormat pada perusahaan serta pewawancara.
  3. Menggunakan handphone saat wawancara
    Sikap ini sangat tidak profesional. Ini menunjukkan tidak ada respek sama sekali terhadap perusahaan dan pewawancara. Matikan handphone untuk menghindari gangguan dalam menjawab telepon atau pesan singkat.
  4. Tidak mengetahui profil perusahaan
    Hal ini sepele namun bisa menjadi batu sandungan saat interview. Siapkan diri dengan riset terlebih dahulu mengenai company profile tempat melamar kerja. Tidak mengenal profil perusahaan akan dianggap tidak memiliki minat yang serius untuk bergabung kerja.
  5. CV yang membingungkan
    Walaupun CV sudah dikirim terlebih dahulu saat melamar kerja, interviewer akan tetap menanyakan kembali history experiences pada CV. Jangan terlalu banyak mengubah fakta dalam CV hanya untuk menarik perhatian perusahaan. Sebaiknya ceritakan dengan jujur dan detail pengalaman profesionalnya.
  6. Tidak fokus
    Siapkan diri dengan istirahat yang cukup sebelum interview kerja. Kurang istirahat menyebabkan tidak fokus saat interview dan bisa menyebabkan menjawab pertanyaan dengan ngelantur.
  7. Berbicara terlalu banyak
    Seroang interviewer tidak membutuhkan jawaban yang bertele-tele sampai keseluruhan kisah hidup diceritakan semua. Seberapapun hangatnya sikap interviewer, jangan lantas jadi bercertita terlalu panjang lebar. Ini sangat tidak profesional.
  8. Membicarakan hal buruk perusahaan lama
    Jangan sampai membuat kesalahan semacam ini. Seringkali orang karena mungkin terlalu nyaman dengan interviewer jadi mengungkapkan hal yang tidak perlu seperti menjelekan perusahaan lama dan mengungkapkan tidak terima kehilangan pekerjaan terakhir. Apabila menjumpai pertanyaan sulit seperti bagaimana mengatasi konflik dengan rekan kerja atau atasan di perusahaan lama jawablah dengan diplomatis tanpa membicarakan kejelekan rekan kerja atau perusahaan yang lama.

Kesalahan-kesalahan umum yang terkdang tidak dirasakan dilakukan saat interview kerja seperti ini harus dihindari. Persiapkan diri sebaik mungkin dan atur waktu untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan interview.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan